harus minum susu apa?

anak perempuan saya berumur 3 tahun 6 bulan. dari bayi anak saya minum susu Nutrilon Royal. menjelang umur 3 tahun anak saya sering mengalami gatal-gatal dan merah di badannya. setelah di tes alergi anak saya dinyatakan alergi susu sapi juga soya, jadi dokter menyarankan untuk minum susu dengan merek lain tapi ada PHP nya. setelah minum susu itu gatal-gatalnya hilang. kemudian sekarang umurnya sudah 3 tahun lebih sedangkan susu PHP yang tersedia di merek lain itu cuma tersedia dari umur 1-3 tahun. Saya ingin beralih kembali ke susu nutrilon. apakah alergi itu akan muncul kembali? Produk Nutricia apa yang tersedia untuk anak saya yang mengalami alergi susu sapi dan juga alergi soya? mohon pencerahanannya…

1 Jawaban Dokter

Staff 03/08/2018
Public

Selamat Siang Bunda, Terima kasih sudah bertanya melalui layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Sebagian besar anak dengan alergi susu sapi sekitar 70% nya akan terbebas dari alergi susu sapi antara usia 1 hingga 5 tahun.

Menurut panduan dari IDAI, anak dapat dicoba kembali di berikan susu sapi setelah 6 bulan di berikan susu untuk anak alergi susu sapi. Apabila sudah tidak lagi timbul reaksi alergi, maka artinya anak Bunda sudah terbebas dari alergi susu sapi. Namun apabila ternyata masih timbul gejala, Bunda harus bersabar sedikit lagi.

Perlu di perhatikan agar saat melakukan uji tersebut Bunda tidak memberikan susu sapi bersamaan dengan makanan-makanan yang mungkin juga dapat menimbulkan alergi, seperti telur, ayam, ikan laut, dan cokelat. 

  • Untuk pertanyaan apakah jika Bunda memberikan produk susu nutrilion apakah alergi akan timbul kembali? Jawabannya tergantung apakah anak Bunda sudah hilang belum alergi susu sapi nya.
  • Untuk pertanyaan produk susu nutricia untuk alergi susu sapi dan susu soya : ada merk neocate dari nutricia namun lagi lagi neocate terbatas untuk usia anak tertentu. Jadi bunda mungkin dapat menghubungi call center careline nutricia untuk produk mereka secara lebih lanjut : Careline Nutricia di nomor Whatsapp Careline Nutricia 0821 20000 100 atau Call Careline Nutricia 0800 182 1059

    Demikian informasi tentang alergi susu sapi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.