nyeri di punggung belakang

Kemarin saya sempat jatuh terpelesat dalam posisi duduk, lalu tulang belakang saya sakit ketika bungkuk dan ngulet. Apakah saya harus rontgen dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 03/08/2018
Public

Selamat pagi sobat,

Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

Tulang ekor atau Coccyx terletak di ujung bawah tulang belakang. Pada tulang ekor, terpaut juga beberapa otot dasar panggul, tendon, serta ligamen.

Jadi bila terjadi cedera seperi yang sobat ceritakan jatuh terduduk maka nyeri yang sobat alami dapat diakibatkan oleh cedera atau memar pada otot, tendon, ligamen, saraf yang benaung didaerah panggul atau  pun memar atau dislokasi tulang ekor.

Beberapa langkah perawatan di rumah berikut ini mungkin dapat membantu meringankan rasa nyeri pada tulang ekor yang prinsip nya untuk mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera biasa untuk cedera atau memar otot dan tendon :
1. Hindari duduk terlalu lama di tempat yang berpermukaan keras.
2. Gunakan bantal donat yang empuk untuk mengurangi tekanan pada tulang ekor. Lubang di tengah bantal tersebut berguna untuk menghindari berat tubuh bertumpu pada tulang ekor yang sedang sakit.
3. Kompres area tulang ekor menggunakan es selama 15-20 menit. Lakukan pagi siang sore.
4. Sobat dapat mengkonsumsi anti nyeri minum atau antinyeri oles di kulit seperti voltaren gel.
Cedera seperti memar pada otot, ligamen  atau tendon umumnya bisa di tangani dengan langkah di atas.

Namun bila rasa sakit yang di alami ternyata cukup parah misal saraf atau tulang atau ligamen yang cedera dan tergantung jenis tingkat cedera, maka diperlukan pertolongan medis lebih jauh. Sebaiknya segera konsultasikan kondisi Sobat lebih baik secara langsung ke dokter umum yang mempunyai fasilitas rontgen misal di rs atau pun dokter ortopedi untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang, seperti Roentgen, MRI atau Ct Scan bila memang nyeri teramat sangat dan di perlukan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai nyeri setelah jatuh terduduk. Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.