Hidung yang tersumbat sehingga membuat agak sulit bernafas ketika tidur

Anak saya berusia 10 bulan tgl 1 Oktober nanti, dan berat badannya 8,3 kg susah naik sejak ganti susu formula. Setiap tidur agak kesulitan bernafas sehingga tiap tidur harus dibantu dengan pure decongestan oil. Pernah di berikan nipe drop justru yang ada malah seperti pilek, saya berikan selama 4 hari tidak sembuh. Ke DSA katanya alergi, tapi tidak jelas alerginya apa dok..waktu lahir memang kata DSA tempat saya bersalin ada alergi susu lalu disarankan yg PHP jangan soya. Makanya saya heran kondisi bawah mata anak saya tampak bengkak dok apakah ini juga efek alergi susu karena saya sempet ganti susu yg bukan PHP dok. Dan anak saya juga suka kucek kucek hidungnya. Mohon penjelasannya ya dok…terima kasih

1 Jawaban Dokter

oh mungkin saja memang anak ibu alergi susu sapi tp yang tipe cukup sensitif sehingga dengan sufor php saja masih alergi. yg tipe ini baiknya menggunakan susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

nah tp sufor yg extensively hydrolysed dan asam amino base rasanya pahit bu. sehingga anak usia ini pasti tidak mau.
coba ganti soya dulu bu. dan satu lagi MPASI nya juga tidak boleh yang mengandung susu sapi seperi keju, biskuit, roti, dan semua yg ada susu sapinya bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.