Bayi mngeluarkn suara ngik ngik

Selamat Siang dok. Saya mempunyai bayi umur 5 bulan, belakangan ini trkadang ketika BAB dan ngantuk mengeluarkan suara ngik ngik.Tp tdk ssh nafas. Sekedar informasi saya dr awal mlhirkan smpai skrg mngonsumsi ibuprofen 400 mg stlh BAB utk mnghilangkan rsa skit krna wasir. sebulan sy bisa mnghbiskan 1 -1,5 strip ibuprofen. Apakah ini yg mnyebabkan anak saya mngeluarkan bunyi ngik2. Jika tidak, apakah ibuprofen yg sy mnum mmberi dmpak buruk pd anak saya? Terima kasih

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Bunyi ngik-ngik yang berfrekuensi tinggi menandakan adanya hambatan pada saluran nafas anak, umumnya saluran nafas yang lebih kecil. Ada dua kemungkinan yang paling tinggi penyebab bunyi ngik-ngik pada anak: bronkiolitis dan asma. Pada anak yang lebih kecil, umumnya lebih sering disebabkan oleh bronkiolitis. Bronkiolitis disebabkan oleh infeksi, paling sering oleh infeksi virus. Tatalaksananya umumnya agar menjaga daya tahan tubuh anak agar tubuh dapat melawan infeksi virus tersebut dengan sendirinya.
Apabila terdapat gejala lain, seperti demam >2 hari, sesak nafas memberat, bayi menjadi biru, tidak nafsu makan, mual/muntah berkepanjangan, ada baiknya sobat memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan khusus.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.