Operasi Batu Empedu.

Halo Dokter,
Orang tua saya sudah berusia 69 tahun. Dalam empedunya terdapat 4 buah batu dengan ukuran paling besar 0.91 cm. Menurut dokter bedah yang akan melakukan pengangkatan batu empedu, mereka menyarankan orang tua saya untuk mengangkat kantong empedu karena sudah tidak berfungsi. Pertanyaan saya :
1. Jika kantong empedu tidak berfungsi maka berarti orang tua saya dalam kondisi kurang fix. Tapi saat ini orang tua saya dalam keadaan sehat dan tubuhnya masih mencerna makanan dengan baik. Keputusan apa yang harus saya ambil untuk hal ini. Apa menyetujui operasi pengangkatan kantong empedu atau terus menggunakan obat batu pemecah batu. Sebab dokter penyakit dalam dan penyakit saraf (orang tua saya ada riwayat stroke, menurut dokter syaraf kondisi strokenya sudah stabil) tidak menyetujui operasi ini karena memiliki resiko tinggi.
2. Jika kantong empedu diangkat bagaimana keadaan orang tua saya ketika sudah tidak memiliki kantong empedu? Apakah nanti tidak dapat tubuhnya mencerna makanan dengan baik.
3. Jika kantong empedu tidak diangkat, tetap terus menggunakan obat pemecah batu secara rutin, apakah ada komplikasi penyakit lain. Sebagai catatan orang tua saya sudah menggunakan obat pemecah batu ini selama 6 bulan lebih

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,

  1. Untuk melakukan operasi, biasanya perlu pengecekan toleransi operasi. Seorang dokter bedah akan berkonsultasi terkait toleransi operasi pasien ke dokter penyakit dalam, jantung, paru, anestesi, dan sebagainya. Apabila ternyata risiko operasi lebih tinggi daripada manfaatnya, umumnya dokter bedah tidak akan melanjutkan operasi. Dengarkan saran dokter yang menangani dan tanyakan ke mereka terkait hal ini secara langsung.
  2. Kantong empedu hanya berfungsi menyimpan empedu yang bertujuan untuk mengemulsikan lemak. Lemak yang teremulsi akan lebih mudah terserap. Empedu tetap akan diproduksi hati. Hanya saja, dikarenakan tempat penyimpannya sudah tidak ada, empedu tidak dapat lagi digunakan dalam jumlah yang banyak. Akibatnya, lemak akan sulit terserap. Selain itu pula, BAB dapat menjadi berminyak. Terkadang, BAB berminyak tersebut menjadi tidak dapat disadari. BAB juga akan menjadi berwarna lebih pucat dikarenakan empedu lah yang memberi warna pada feses.
  3. Tidak ada, hanya saja efek pemecahan akan sangat lambat dan membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Pada batu yang lebih besar dan lebih keras biasanya lebih sulit dan lebih lama. Konsultasikan hal ini ke dokter yang merawat orang tua sobat.

Demikian, semoga jawaban yang memberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.