Bayi BAB sampai 6-7 kali sehari

Bayi saya berumur 6 bulan jalan 7 bulan, dia masih ASI dan sekarang sudah MP ASI. Bayi saya kalau sudah makan biasanya langsung BAB sejam / 2 jam sesudah makan,BAB nya ada ampasnya, kadang warna BABnya sama dengan apa yang di makanannya dokter,kadang juga hijau berlendor Dia BAB kadang sampai 6/7 kali sehari. Yang ingin saya tanyakan apakah percernaan bayi saya bermasalah dokter??

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Apakah anak sobat pernah mengalami hal ini sebelumnya? Apakah disertai gejala lain, seperti demam, nafsu makan yang berkurang, mual/muntah, lemas, kulit kering?
Apabila terdapat gejala-gejala di atas, tidak ada salahnya berkonsultasi ke dokter. Secara umum, bayi yang lebih kecil memang memiliki frekuensi BAB yang lebih sering dikarenakan metabolismenya yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Akan tetapi, hal ini dapat berbahaya jika BAB menjadi sangat cair dan tidak berampas. Warna BAB memang dapat terwarnai oleh kandungan pigmen yang pernah dimakannya. BAB juga bisa berwarna hijau gelap jika pergerakkan usus terlalu cepat, menyebabkan bakteri usus tidak sempat mengubah zat warna BAB menjadi coklat (ini berhubungan dengan metabolisme bayi dan anak kecil yang lebih cepat). Segera ke dokter apabila warna BAB tampak abnormal secara berkepanjangan (pucat, hitam, merah, dsb).
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.