Keguguran 2 kali

Dokter tolong bantu saya, Saya istri 31th suami 32th menikah hampir 1th, saya sdh 2x keguguran usia tidak sampai 3bulan. Lalu dokter menyuruh kami tes lab dan hasilnya, saya positif igg rubella 98 cmv 81 lainnya negatif.. Sedangkan suami asthenoteratozoospermia. Yg mau saya tanyakan kenapa sy bisa hamil jika suami asthenoteratozoospermia?? Langkah apasaja yg harus kami lalui agar tidak keguguran lg?? Bagaimana agar kami memiliki keturunan dok?? Bantu saya dok saya benar2 bingung skrg.. Terimakasih dok

2 answer

Staff 26/07/2018
Public

Selamat pagi.
IgG yang positif menandakan adanya riwayat infeksi terdahulu. Hasil IgG positif dan IgM negatif menandakan bahwa saat ini Anda tidak mengalami infeksi aktif.
Terdapat beberapa kemungkinan penyebab keguguran berulang, di antaranya adalah gangguan pada organ reproduksi wanita, gangguan hormon, gangguan pembekuan darah, gangguan kromosom, atau penyebab lainnya. Karena banyaknya kemungkinan penyebab ini maka diperlukan pemeriksaan menyeluruh. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dianalisis apa penyebab keguguran berulang tersebut dan bagaimana terapi yang sesuai untuk mengatasinya.
Asthenoteratozoozpermia merupakan suatu kondisi di mana terjadi abnormalitas pada bentuk dan gerakan sperma. Kemungkinan untuk menciptakan kehamilan tetap ada walaupun lebih kecil dibandingkan jika sperma dalam kondisi normal.
Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah gangguan hormon, varikokel (pelebaran pembuluh darah vena pada kantung zakar), infeksi pada saluran kemih, infeksi pada prostat, kebiasaan konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, atau konsumsi obat-obatan atau jamu yang memperngaruhi kualitas sperma.
Berkonsultasilah dengan dokter spesialis andrologi mengenai hal ini. Diperlukan pemeriksaan langsung yang menyeluruh untuk dapat mengetahui apa penyebab gangguan sperma dan bagaiman cara mengatasinya.
Semoga dapat membantu dan lekas dikarunai keturunan. 

#1
  1. Ibu, kondisi asthenoteratozoospermia membuat kemungkinan kehamilan lebih kecil karena sperma menjadi lebih sulit mencapai saluran tuba falopii untuk bertemu dan membuahi sel telur. Jika sudah terjadi pembuahan dan menghasilkan kehamilan, maka kondisi sperma tsb tidak lagi mempengaruhi kondisi kandungan. Sehingga dapat dikatakan bahwa kondisi asthenoteratozoospermia tidak berhubungan dengan keguguran yang dialami. Untuk konsultasi lebih baik sesuai jadwal ya Bu.
  2. Dokter lalu kenapa jika suami ashtenoterazoospermia saya bisa hamil walaupun akhirnya keguguran hingga 2 kali, apakah ada hubungan dengan itu??
    Atau memang saya yg bermasalah seperti yg dokter sebutkan tadi penyebab2 keguguran berulang.. Sama saya dijadwalkan dokter kandungan untk konsultasi lg saat saya haid 3 hr hanya sampai saat ini saya belum haid, menurut dokter saya harus tunggu atau konsultasi sebelum jadwal?? Mohon maaf dok untuk segala ketidaktahuan saya

Selamat pagi ibu, saya paham dengan kondisi yang ibu alami saat ini. Fakta bahwa ibu bisa hamil jelas sekali, karena suami ibu asthenoteratozoospermia. Asthenoteratozoospermia, berarti kualitas sperma kurang begitu baik, namun dari segi jumlah sperma tetap baik. Jika suami ibu azoospermia (tidak ada sperma sama sekali), maka ibu tidak bisa hamil melalui cara alamiah karena azoospermia berarti tidak ditemukan adanya sperma dalam cairan mani suami. Terkait keguguran yang sudah 2x, ada baiknya ibu berkonsultasi langsung dengan dokter agar komunikasi bisa lebih jelas dan baik. semoga bermanfaat, salam sehat

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.