Pendengaran anak baru lahir

Dear dokter
Begini dok, saya berencana melahirkan bulan depan tetapi tetangga persis sblh rumah saya meminta izin untuk melanjutkan pembangunan rmh yg tertunda krn lebaran kemarin, yg saya khawatirkan adalah bagaimana pendengeran bayi yg baru lahir dengan aktifitas pembangunan rumah persis di sebelah rumah saya?
Apakah kualitas tdr anak saya akan tidak baik ? Apakah akan menggangung fungsi pendengaran pada anak saya yg baru lahir?
Apa yg harus saya lakukan ?
Apakah baik saya membeli tutup telinga untuk anak saya ?

Mohon pencerahan dok

Salam

Icha

1 Jawaban Dokter

Staff 20/07/2018
Public

Halo Bunda, Terima kasih telah bertanya pada tim Tanya Dok 🙂
Sebenarnya bayi sudah bisa mendengar sejak dia berada di dalam kandungan. Pendengaran bayi sudah berkembang sejak di dalam rahim. Suara ibu, suara orang di rumah, detak jantung dan bunyi gerakan saluran cerna ibu adalah dunianya sebelum dia lahir. Setelah bayi lahir, suara luar yang dulu di dengarnya kini tiba-tiba jadi lebih keras dan jelas sehingga dia mungkin akan kaget jika mendengar suara yang nyaring tiba-tiba. Tapi bayi bisa sangat tenang jika mendengar suara seperti suara vacuum cleaner, TV, AC dan mesin cuci. Atau suara bunyi dengan intensitas teratur.
Seiring pertumbuhannya, bayi menggunakan telinga mereka sebagai alat utama untuk mendapatkan informasi tentang dunia di sekitarnya. Mendengar juga membuatnya mampu belajar bahasa dan merangsang perkembangan otak. Bagi bayi, suara manusia terutama ibu dan ayahnya adalah musik favorit baginya. Dia tahu sumber kehangatan, makanan dan sentuhan dari mana. Anda mungkin akan takjub bagaimana dia akan dengan cepat tenang ketika saat menangis dia mendengar Anda menghampirinya. Melihat bagaimana dia mendengar saat Anda berbicara atau bernyanyi untuknya.
Tahap perkembangan pendengaran Pada 6 bulan pertama hidupnya, bayi Bunda sudah mampu untuk:
1. Memperhatikan suara-suara sejak ia lahir ke dunia, terutama suara yang bernada tinggi
2. Merespon suara-suara yang tidak asing (seperti suara ibu dan ayahnya) dan mungkin merasa terkejut saat mendengar suara keras yang tiba-tiba
3. Jika bayi sensitif, ia akan terlihat terkejut setiap kali mendengar suara, namun jika bayi Anda lebih tenang ia akan mampu menerima berbagai suara dengan tenang pula
4. Terdiam saat ia mendengar suara yang familiar, bahkan mungkin merespon dengan membuat suara yang berbunyi seperti ‘uhh’.
5. Melihat langsung ke arah Anda saat dia mendengar suara Anda, dan berusaha menjawab dengan mengeluarkan suara degukan.
Bayi Bunda pada umur 6 bulan juga mungkin sudah dapat :
– Bereaksi dengan semangat saat mendengar suara
– Tersenyum saat mendengar suara anda
– Mulai memperhatikan gerakan bibir Bunda saat Bunda berbicara, dan mencoba meniru Bunda mulai berbicara suara konsonan seperti “m” dan “b”
– Menyadari dari mana suara berasal dan sudah bisa menghadapkan mata atau kepalanya ke arah suara
– Merespon suara yang halus dan pelan, asalkan dia tidak sedang sibuk dengan hal lain.
Untuk pertanyaan Bunda, apakah berbahaya jika disebelah rumah sedang berlangsung pembangunan rumah tentunya tergantung intensitas suara yang dihasilkan dari pembangunan tersebut, tentu jika bising suara yg di dengar intensitas teratur namun keras seperti misal pembangunan paku bumi tentu berbeda dengan ketokan palu, di anjurkan agar pembangunan rumah seperti ketokan palu misal dari pagi-sore agar anda dan keluarga juga dapat nyaman beristirahat di malam hari. namun untuk suara berisik lainnya truk, tukang bangunan, semen dll mungkin tidak terlalu berpengaruh karena sebenarnya dalam perut pun bayi sudah bisa mendengar suara mobil, orang dan lain-lain. Namun tentu tiap bayi memiliki respon sensitiv yang berbeda.
Beberapa tips untuk Bunda :
1. Jika bayi kemungkinan besar terganggu jika sedang istirahat bunda dapat menaruh bayi bunda di kamar yang jauh dari bising, bunda bisa menyetel musik atau bunyi lembut yang menenangkan anak.
2. Bunda dapat membelikan penutup telinga namun hati-hati di karenakan bayi masih belum bisa merasakan dan menjauhkan bahaya, contoh bunda membeli penutup telinga jika bentuk terlalu besar bisa jadi tergeser menutupi hidung bayi, jika bentuk terlalu kecil bisa jadi termakan oleh bayi. Jadi saran saya bunda bisa melihat apa yang kira-kira cocok menurut Bunda, Bunda dapat menggunakan untuk bayi namun Bunda harus tetap berhati-hati dengan apa yang Bunda pakaikan.
3. Pada pembangunan seperti pembangunan rumah dan lain lain, hindari debu-debu misal semen atau cat, karena bisa masuk kedalam saluran pernafasan bayi.
4. Bunda dapat secara berkala memeriksakan bayi bunda pada dokter spesialis anak terkait dengan ritme tidur atau bising suara pembangunan secara teratur pada saat bayi bunda kontrol vaksin atau sekedar kontrol saja atau jika ada sesuatu diluar wajar pada bayi bunda.
Semoga bermanfaat ya bunda, semoga bunda dan calon bayi lancar saat proses dilahirkan dan sehat selalu setelahnya 🙂
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.