Hasil lab torch positif dan avidity high

Selamat pagi dok, saya skrg sedang hamil 20 week, pada usia 15 week saya keluar darah rntah itu karna kecapean atau adanya faktor lain. Kemudian saya cek ke dokter kandungan dan menyarankan tes torch, setelah keluar hasil labnya saya mendapati igg tokso positif 27,1 avidity nya high avidity 89,1 . Kemudian rubella igg positif 38,3. Kemudian cmv igg positif 427,6 aviditynya high avidity. Untuk igm semuanya negatif. Yg saya tanyakan apakah berpengaruh terhadpa janin saya meningat melihat igg saya positif semua dan aviditasnya high avidity? Saat ini saya sedang melakukan pengobatan dikasih obat spiramicyn 500mg, isprinol 500mg, acyclovir 200mg, ossopan 800mg, duphaslou, folamil genio. Apakah obat2 yg saya konsumsi bisa bedampak buruk bagi janin?

1 Jawaban Dokter

Staff 19/07/2018
Public

Selamat pagi.
IgM negatif menandakan bahwa saat ini Anda tidak mengalami infeksi.
Sedangkan IgG positif menandakan bahwa Anda memiliki kekebalan terhadap suatu penyakit tersebut. Kekebalan dapat diperoleh dari riwayat infeksi terdahulu (sebelum hamil) atau karena Anda sudah divaksinasi terhadap penyakit tsb.
IgG high avidity yang terdeteksi pada saat usia kehamilan 12-16 minggu semakin memperkuat bahwa Anda tidak mengalami infeksi selama kehamilan.
Ossopan merupakan suplemen kalsium, fosfor, protein, dan asam amino. Folamil genio merupakan suplemen asam folat, zat besi, multivitamin B, D, dan K, serta DHA. Kedua suplemen ini penting untuk perkembangan janin dan aman untuk janin.
Apakah yang Anda maksud Duphaston? Jika iya, obat ini mengandung hormon estrogen dan kemungkinan besar diresepkan untuk mengatasi pendarahan yang Anda alami sebelumnya. Obat ini juga aman bagi janin.
Spiromycin, Isoprinol, dan Acyclovir aman diberikan pada ibu hamil, namun harus sesuai dengan indikasi. Menilai dari hasil pemeriksaan lab yang Anda informasikan, menurut saya, ketiga obat ini tidak perlu dikonsumsi karena Anda tidak sedang mengalami infeksi aktif.
Namun karena keputusan medis memerlukan analisis dari wawancara medis dan pemeriksaan fisik langsung (tidak bisa hanya dari konsultasi online), maka saya sarankan Anda tidak langsung menghentikan konsumsi ketiga obat tsb, namun berkonsultasi kembali terlebih dahulu dengan dokter yang meresepkan karena mungkin beliau memiliki pertimbangan lain.
Anda juga boleh dan berhak untuk mencari second opinion dari dokter spesialis kandungan lain. Berkonsultasilah dengan dokter Sp.OG yang berbeda untuk mendapatkan pemeriksaan fisik langsung sambil juga menginformasikan hasil pemeriksaan laboratorium Anda. Dokter kemudian dapat membantu memutuskan apakah ketiga obat tsb perlu diteruskan atau dihentikan konsumsinya.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.