Bagaimana bila dokter anastesi mengatakan bila usia lansia tidak bisa bius total

Saya ingin tanya dokter,
Ibu saya saat ini di vonis memiliki batu empedu dan harus menjalani operasi batu empedu. Pada saat konsultasi dengan dokter bedah, ada keterangan dokter tersebut yang membuat saya penasaran yaitu “Apabila ibu saya tidak bisa dibius total menurut dokter anastesi maka operasi dibatalkan” Saya faham penggunaan anastesi memiliki resiko yang sangat tinggi pada usia lansia (70 tahun), lantas bagaimana kelanjutannya dokter. Apakah operasi benar benar dibatalkan atau diundur? Sebab menurut rekam medis ada penyakit asma yang diderita oleh ibu saya yang menjadi kemungkinan dokter anastesi akan mengatakan obat bius total tidak bisa digunakan, Saya berharap ada solusi lain yang bisa diberikan untuk masalah ini

1 Jawaban Dokter

Staff 16/07/2018
Public

Selamat sore sobat,
Untuk melakukan operasi seorang dokter bedah wajib berkonsultasi dengan dokter anestesi mengenai tingkat risiko seorang pasien layak operasi atau tidak.
hal ini tidak hanya tergantung dari usia, melainkan banyak faktor seperti penyakit penyulit (salah satunya adalah asma, sakit jantung, sakit ginjal), jenis operasi yang akan dilakukan, kestabilan kondisi pasien (biasanya dari hasil lab dan pemeriksaan dokter), dan lain-lain. 
Keputusan apakah operasi akan ditunda atau bahkan dibatalkan atau dicari metode pengobatan lain sepenuhnya adalah keputusan dari dokter penanggung jawab pasien (ibu sobat). oleh karena itu, saya sarankan untuk berdiskusi dengan dokter penanggung jawab ibu sobat mengenai tindak lanjut apa yang akan dilakukan.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.