Terlambat haid sudah 5 hari

Halo selamat malam dok,
Begini dong saya mau tanya, saya berumur 19 tahun & baru pertama kali ini saya mengalami telat haid lebih dari 3 hari. Saya sangat khawatir kalau saya hamil dong tapi kenyataannya saya belum pernah sama sekali melakukan aktivitas seksual apapun itu. Berhubung ini pertama kalinya saya telat haid selama ini jadi saya sangat khawatir dok. Apakah ini normal? Dan adakah solusi nya untuk mempercepat haid saya. Terimakasih dok, selamat malam..

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Siklus menstruasi dikatakan tidak normal (lebih singkat atau lebih lama) jika siklus <21 hari atau >35 hari. Penyebab menstruasi lebih lama dari biasanya sangat banyak, mulai dari kehamilan, gangguan hormonal, kekurangan nutrisi, aktivitas berat, hingga stres psikologis. Apabila sobat yakin tidak berhubungan seksual, maka dapat dipastikan bahwa sobat tidak mungkin hamil. Kehamilan hanya akan terjadi bila sel sperma dari pihak pria bertemu dengan sel telur di pihak wanita. Belum lagi banyak faktor yang menentukan keberhasilan kehamilan.
Solusi terbaik adalah makan yang teratur, istirahat yang cukup, dan jangan terlalu memikirkan siklus menstruasi sobat yang lebih lama dari biasanya. Mengingat hal ini baru pertama kali terjadi, sangat kecil kemungkinan disebabkan kelainan pada organ tubuh.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.