telat haid

dok.saya mau tanya nii.
harus nya saya haid tgl 2..
tp sampai skrng ini.
saya blum datang bulan juga dok..
dan saya tes pakai tespec..
di stu garis 1 dok..
dan kemarin saya juga prnh minum obat norelut ..tp gk juga haid.
itu gmn ya dok.
boleh di jwb dok

3 answer

Halo sobat,
Apakah sobat masih mengonsumsi norelut hingga sekarang? Norelut mengandung senyawa aktif progesteron, salah satu hormon kewanitaan. Apabila digunakan terus menerus, norelut dapat berfungsi sebagai kontrasepsi, yang artinya dapat menyebabkan sobat tidak menstruasi. Apabila masih mengonsumsi norelut, ada baiknya berhenti menggunakannya.
Selain itu, apakah sobat pernah berhubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi dan sperma masuk ke dalam vagina? Jika ya, tidak ada salahnya mengulang test pack 1 minggu ke depan. Untuk saat ini, sobat dapat mengonsumsi vitamin B kompleks untuk membantu pertumbuhan sistem saraf janin.
Selain kemungkinan-kemungkinan di atas, beberapa penyebab lain juga dapat menyebabkan siklus haid yang lebih lama. Misalnya saja: kekurangan nutrisi, aktivitas berat, gangguan hormonal, ataupun stress psikologis. Sobat dapat berkonsultasi langsung ke dokter jika keluhan tetap berlangsung.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1

sudah 3 hari ini saya tdk pakai norelut itu dok.
saya bln 6 kemarin dtng haid nya tgl 2 dok.
dan saat itu saya berhubungan tgl 17 dok.hnya sekali itu saja.apa bs hamil kah ..??

#2
Staff 13/07/2018
Public

Hai Sobat, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Kemungkinan hamil bisa terjadi meskipun berhubungan badan satu kali saja. Dimana sudah terjadi pembuahan (sel telur sobat bertemu dengan sperma) maka akan ada kemungkinan sobat hamil.
Sobat bisa melakukan test pack bila terlambat menstruasi namun pada beberapa kasus di karenakan hormon HCG masih rendah ada yang memperlihatkan test pack positif 10 hari setelah terlambat menstruasi s.d 21 hari setelah menstruasi. Sobat bisa mencoba kembali dan di sarankan urin pagi hari lah yang di gunakan untuk memeriksa test pack kehamilan di karenakan urin pagi hari cenderung memiliki kadar HCG yg tinggi.
Semoga bermanfaat dan semoga Sobat selalu dalam keadaan Sehat ya 🙂

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.