Kepala mengalami Demam/Panas

selamat pagi dokter , salam kenal dari saya erma Kristiyani dari kota Semarang. Dok, hari senin pagi sekitar jam 03.30 wib, anak saya terjatuh dari kasur lantai berukuran tinggi 15 cm. nah pukul 10.00 wib badan anak saya mulai merasa demam tinggi sampai mencpai 37.9-38.0 derajat celcius. setelah saya bawa ke dokter umum, diberikan resep racikan untuk diagnosa pilek, batuk, demam. anak saya memang langsung berkeringat dok, tetapi kepala nya bertambah panas, sampai aura nya ketika didekati benar-benar panas dok, peristiwa panas di kepala anak saya itu apa ya dok, lalu di hari selasa muncul benjolan di kepala/ benjut di kepala, apakah hal tsb tidak apa-apa dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 12/07/2018
Public

Selamat pagi, Ibu Erma.
Demam dan benjolan yang muncul di kepala anak kemungkinan besar terjadi akibat benturan yang terjadi sehari sebelumnya. Hal ini memang sering dialami anak yang mengalami cedera kepala dan dapat membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Untuk mempercepat memar tersebut hilang, Ibu dapat melakukan kompres dingin menggunakan es yang dibungkus dengan handuk lalu ditempelkan pada bagian yang terdapat benjolan.
Jika saat ini anak sudah tidak demam, maka pemberian obat dapat dihentikan. Namun jika hingga hari ini anak masih demam atau mengalami keluhan lain seperti muntah, lesu, rewel, dll, maka periksakan kembali kondisi kesehatan anak pada dokter spesialis anak.
Semoga dapat membantu dan anak lekas sembuh.

#1
  1. Jika saya beri kompresan parutan kencur dan bedak adem, apakah tidak apa-apa dok?anak saya tersebut masih berusia 9 bulan dok, dia baby yg sangat aktif sekali dok, apakah benjolan di kepala di bagian belakang kepala anak saya tsb , ketika bersamaan tumbuh kembang anak bisa mempengaruhi kemampuan berpikirnya ya dok? Terima kasih Dokter Gwen
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.