Sakit Jantung

Halo, dok. Ayah saya mengidap penyakit jantung koroner, sering kali Ayah saya merasa nyeri pada bagian jantungnya. Tidak hanya pada aktifitas berat, makan terlalu banyak pun terkadang membuatnya merasakan nyeri pada dada. Ayah saya telah menjalankan kateterisasi dan diketahui bahwa pembuluh darah kanan jantung Ayah saya telah tersumbat. Saat ini dokter hanya memberi obat-obatan seperti pengencer darah dan obat yang dikonsumsi apabila serangan jantung datang. Dokter lain menyarankan untuk memasang ring apabila memungkinkan bahkan bypass. Mengingat risiko dari operasi tersebut, saya mencari cara lain dan membaca sebuah artikel yang menyebutkan bahwa terapi EECP dapat menumbuhkan pembuluh darah baru secara alami, apakah benar dan memungkinkan untuk kasus yang dialami Ayah saya, dok? Karena terapi ini tidak pernah dijelaskan oleh kedua dokter tempat Ayah saya berobat. Dan apa bila benar, dimana saja kah rumah sakit yang menyediakan terapi ini? Karena bersumber dari artikel yang saya baca, tidak semua rumah sakit menyediakan terapi ini. Mohon penerangannya, terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Selamat siang sobat,
EECP telah diterapkan di berbagai negara seperti misalnya di Amerika, Jerman, China bahkan Indonesia. Prinsip pengobatan EECP adalah pembentukan bypass alamiah pada pembuluh darah jantung sehingga area jantung yang pembuluh darahnya sudah tersumbat dapat memperoleh kembali pembuluh darah baru sebagai kolateral dari pembuluh darah koroner utama.
EECP dilakukan sebanyak minimum 35-36 kali berturut-turut setiap hari 1 jam. Tujuan pengobatan EECP selain memperbaiki aliran darah ke jantung adalah mengurangi nyeri dada, meningkatkan kemampuan beraktifitas, meningkatkan energi tubuh dan meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakit jantung koroner baik yang belum maupun sudah menjalani operasi sebelumnya. 
EECP merupakan terapi rawat jalan. Anda tidak perlu menginap di rumah sakit seperti pada pengobatan dengan jalan operasi. Namun tetap saja, sebelum terapi anda wajib berkonsultasi dengan dokter yang berkompeten dalam bidang EECP untuk mengetahui apakah terapi EECP tepat dilakukan pada kondisi anda maupun keluarga anda yang belum ataupun sudah didiagnosa menderita penyakit jantung koroner. Begitu pula selama terapi anda akan diawasi/dimonitor oleh dokter maupun perawat yang berkompeten dibidang EECP.
Bila anda berdomisili di jakarta, anda bisa mendapatkan pelayanan ECCP di rumah sakit berikut : Rumah Sakit Jantung Harapan KitaPusat ECCP Pondok Indah, dan Hsen Chii International. Namun sebelumnya, sebaiknya dikonsultasikan kembali dgn dokter spesialis jantung ayah anda untuk tata laksana terbaik. 
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.