Apakah saya menderita penyakit yang berhubungan dengan syaraf?

Assalamualaikum, Perkenalkan saya Widya usia 30 tahun. Dok saya ingin bertanya. Sebenarnya gejalanya sudah lama tapi selama ini saya pikir itu hal biasa. Tapi setahun belakang sepertinya ini sudah mulai sangat mengganggu aktifitas saya. Mohon penjelasannya mengenai gejala-gejala berikut:
a. Sulit fokus dalam mengerjakan sesuatu, saat membaca, saat berbicara dengan seseorang (hampir sering kali saya tidak menangkap maksud yang dibaca dan dibicarakan padahal topiknya sederhana dan biasa dibicarakan)
b. Seperti orang bingung tidak tahu harus melakukan apa
c. Sering salah mengucapkan kata yang dimaksud. misalnya saya mau menyebut nama seseorang “Putri” tapi yang saya sebut “Syifa” atau saya mau menyebut “garam” yang keluar dari mulut saya “korek”
d. sulit menyebut kata-kata yang sederhana yang sering digunakan. saya sering stuck menyebutkan suatu istilah sederhana dan terus menyebut “itu lho?! apa sih namanya…”
e. sering kali kata-kata atau pesan yang baru saja orang sebutkan kepada saya hilang sekejap begitu saja. saya tidak bisa mengingat sama sekali
f. mudah tersedak ketika makan
g. menjelaskan sesuatu yang membuat orang lain sulit memahami dan berputar-putar
h. sering lupa membawa barang yang hendak di bawa
i. sekarang kalau belanja saya selalu membuat daftar belanjaan saya sulit sekali mengingat apa yang saya perlukan
j. kesulitan berhitung hitungan sederhana. dan sering salah menyebutkan angka. dulu saya punya kemampuan logika berhitung yang sangat baik tapi sekarang saya seolah seperti orang bodoh ketika diajukan pertanyaan sederhana. rasanya ingin menangis
k. lupa janji atau hal yang saya ucapkan sendiri
l. mudah berubah mood
m. seperti tuli tiba2 tidak bisa mengenali apa yg dibicarakan. hingga harus diulang berkali-kali.
Saya merasa sedikit seperti orang linglung. Ini sangat mengganggu aktifitas saya. Terlebih saya bekerja di perusahaan yang menuntut konsentrasi tinggi.
Mohon penjelasan dan pencerahannya. Dan apa sebaiknya yang harus saya lakukan?

Terima Kasih. Wassalamualaikum.

1 Jawaban Dokter

Staff 10/07/2018
Public

Selamat malam sobat
Dilihat dari gejala gejala yang anda alami, anda memang seperti memiliki gangguan fungsi luhur/kognitif. Gangguan ini sering terjadi terutama pada usia senja namun tidak menutup kemungkinan terjadinya pada usia muda.
Sebaiknya anda berkonsultasi kebagian ahli neurobehaviour bagian saraf untuk mendapatkan berbagai pemeriksaan kognitif secara detail sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.