Saya selalu khawatir, overthinking, dan merasa takut

Halo, dok. Saya mahasiswa yang masuk tahap skripsi. Saya selalu khawatir (cemas), takut (dengan apa yg terjadi besok), dan suka berpikir aneh (berlebih) terhadap progres skripsi maupun pada saat seminar (sidang). Sehingga sehari-hari saya merasa tidak tenang dan kepikiran terus. Tolong bantu saya untuk menghilangkan gejala tersebut agar saya tenang menjalani kehidupan dan menyelesaikan skripsi. Terima kasih

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Sobat dapat mencoba latihan relaksasi. Tarik nafas dalam-dalam, tahan selama 3 detik, keluarkan perlahan-lahan. Ulang selama beberapa kali. Pusatkan pikiran bahwa skripsi, progres skripsi, dan seminar akan berlalu pula pada saatnya. Pikirkan skripsi sebagai hal yang nyaman dan menyenangkan, bukan momok yang menakutkan. Setelah terasa lebih relaks, cobalah mulai mengerjakan skripsi tersebut. Pecahkan skripsi ke dalam bagian-bagian kecil sehingga terlihat tidak terlalu menakutkan.
Apabila sobat masih merasa cemas, tidak ada salahnya sobat berkonsultasi ke psikolog atau ke psikiater terkait hal ini. Sobat akan didengarkan dan dibantu dicarikan jalan keluarnya.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.