Kepala terasa tertekan dan susah untuk berpikir

Dok sya abing brumur 18thun, sya mau tnyak dok. akhir” ini mengalami gejala yg menggangguh benget ke diri saya. kalo setelah main smartphone kepala saya suka terasa kaya tertekan gituh dan susah untuk berkonsentrasi dan berpikir, pdahal sya hanya memainkan smartphone gak trlalu lama hanya beberapa mnit skitar smpee 10mnitan udah kerasa ke kepala saya rasa tekanan itu, dan selain itu sperti rasa emosi udah gbisa sya rasain, kurang merasakan senang dan selalu merasa murung teruss dok. apa krusakan organ yg sya alami yah bagian otak mna yg mungkin tergangu atau rusak, atau mungkin bagian pfc. dan lagi dok sya mau tnyak pnyebabnya apa dri smartphone itu terhadap saya smpe merasakan sperti ini apa krna radiasi sinyal, radiasi touchscreen smartphone, atau sinar dri layar sperti sinar biru. tpi spertinya dok kalo sinar biru spertinya tidak pngaruhi krna kalo sya aktif internet lewat komputer gak ada mslah dri pda dengan main smartphone itu. ohyadok sya juga kadang suka mansturbasi tpi gak mungkin efek dri mansturbasi soalnya efek kepala saya stiap menguunakan smartphone. sgituh ajah dok tolong bantu jawab dok, trimakasih

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Pertama, sangat kecil kemungkinannya terdapat kerusakan pada organ, terutama prefrontal cortex, karena jika terdapat kerusakan di sana, hampir tidak mungkin sobat dapat menuliskan keluhan yang sobat alami dengan sangat jelas. Kedua, masturbasi tidak ada pengaruhnya dengan keluhan yang sobat alami. Kemungkinan besar sobat mengalami computer vision syndrome, sekumpulan gejala yang dapat muncul apabila kita melihat komputer atau gadget dalam jarak yang dekat dengan waktu yang lama.
Beberapa hal yang dapat sobat lakukan untuk meminimalisir gejalanya adalah beri jarak yang cukup (minimal 30 cm) pada saat bermain komputer/handphone. Selain itu, sobat dapat beristirahat melihat kejauhan setelah melihat komputer/hp dengan jarak dekat, setiap 20 menit sekali.
Apabila terdapat riwayat penyakit lain, riwayat terbentur di kepala, riwayat penggunaan obat, ataupun terdapat gejala yang menetap (gejala tidak muncul setelah bermain handphone), sobat dapat berkonsultasi langsung ke dokter terkait hal ini. Dokter akan memeriksa sobat untuk mencari tahu penyebab yang paling mungkin.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
  1. Halo. Maksudnya, kalau misalnya gejalanya terus menerus ada padahal sobat sudah tidak bermain hp seharian, atau terdapat riwayat penyakit atau penggunaan obat lain, sobat sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Sobat dpt berkonsultasi ke dokter saraf ataupun psikiater. Kedua dokter tersebut memiliki kemampuan yang sama untuk mendiagnosis keluhan yg sobat alami.
    Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu
  2. Apabila terdapat riwayat penyakit lain, riwayat terbentur di kepala, riwayat penggunaan obat, ataupun terdapat gejala yang menetap (gejala tidak muncul setelah bermain handphone), sobat dapat berkonsultasi langsung ke dokter terkait hal ini. Dokter akan memeriksa sobat untuk mencari tahu penyebab yang paling mungkin.

    ohyahh dok mksud nya yg ini gmna yaahh dok sya kurang paham hehe
  3. kira-kira dok kalo konsultasi kebgian dokter apa yah di rumah sakit, psikolog yah saya penasaran ada krusakan apa dbgian kepala atau otak saya ini
  4. wahhh mkasih dok atas balasan nya untuk konsultasi sya, tpi saya lihat di internet yg dsbut dokter tdi ktnya pnyakit computer vision syndrome berpengaruh kepada mata, apa mungkin ke areah otak juga terpengaruh. dan juga dokter selain itu gejala saya alami selain itu ada lagi sperti saat berbicara sangaat kaku dan brantakan
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.