Apakah saya alergi terhadap kucing atau kucing saya yang membawa penyakit

Hai dok, jadi gini sekitaran satu minggu ini kulit saya terasa gatal dengan bentol merah yang terpisah-pisah. Terutama di tangan dan di kaki terkadang juga di punggung dan perut. Dan anehnya setiap saya bersentuhan dengan kucing saya mulai gatal-gatal. Dirumah baru pelihara kucing sekitaran 4 bulan dengan jumlah kucing 4 ekor. Tapi yang anehnya kalau benar ini alergi kenapa baru sekarang saya merasa alergi dan kenapa bukan beberapa bulan sebelumnya? Mohon jawaban nya dok. Apa benar ini alergi atau kucing saya yang membawa suatu penyakit?

1 Jawaban Dokter

Halo apakah hilang timbul atau menetap? Berapa lama bentol tersebut berlangsung? Apakah disertai dengan keluhan lain?
Apabila bentol hilang timbul dan tidak menetap dalam waktu yang lama, besar kemungkinan bahwa bentol tersebut disebabkan oleh alergi. Pada alergi, tubuh memerlukan waktu untuk memproses alergen yang baru ditemui (dikenal dengan istilah sensitisasi). Dengan kata lain, tidak mungkin seseorang alergi terhadap suatu zat yang belum pernah ditemuinya. Alergen yang diproses dan dianggap berbahaya itulah yang akan muncul sebagai gejala alergi.
Apabila sobat ragu, tidak ada salahnya sobat memeriksakan diri langsung ke dokter, mengingat banyak sekali kemungkinan penyebab bentol dan gatal selain alergi.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
  1. Boleh saja jika ternyata tidak ada perbaikan. Sebaiknya lagi, sobat memeriksakan diri ke dokter ketika keluhan timbul atau setidaknya memfoto bentol2 tersebut ketika muncul sehingga dokter bersangkutan lebih memahami kondisi yang sobat alami.
    Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu :)
  2. Saya sudah memeriksakan ke dokteran umum dan diberi obat. Tapi tidak ada sama sekali perubahan yg saya rasakan. Apakah saya perlu berobat ke dokter spesialis kulit?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.