Muncul bintik-bintik merah pada wajah

anak saya usia 37 hari,berak 4kg, saya beri dia susu formula karena asi istri tidak lancar, sepengatahuan saya sejak saya ganti ke susu formula nutribaby 0-6 , muncul bintik merah, atau apakah ini hanya biang keringat saja pada anak saya? mohon penjelasan nya. thanks

1 Jawaban Dokter

Staff 06/07/2018
Public

Hai sobat,

Kami mengerti kekhawatiran sobat, 

Biang keringat dapat terjadi ketika keringat keluar berlebihan dan tidak segera mengering, pori-pori kulit akan tersumbat di bawah kulit, yang mengakibatkan terjadinya bintil-bintil merah pada kulit, dan kadang dapat menyebabkan gatal yang menggangu.

Biang keringat kebanyakan bisa sembuh dan hilang sendiri dalam beberapa hari (kecuali jika biang keringat terjangkit infeksi). Namun, sobat juga bisa mengurangi rasa gatal dan rasa tidak nyaman yang dialami si kecil akibat biang keringat.

Berikut beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa Sobat terapkan:
1. Suasanakan bayi di ruangan yang sejuk dan teduh
2. Memilih pakaian dari serat alami untuk si kecil. Hindari memakaikan pakaian dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon.
3. Jangan sering digendong
Menggendong si Kecil ketika cuaca panas tidak di sarankan. Di karenakan apabila di lakukan, si Kecil harus berhadapan dengan dua sumber panas, yaitu cuaca dan suhu tubuh penggendong. Di anjurkan untuk menidurkan si Kecil di ranjang dan membiarkan nya berbaring, merangkak atau berjalan-jalan sendiri ketika bangun. Semakin jarang di gendong, bayi justru tidak akan kepanasan.
4. Gunakan lotion dan krim hanya bila diperlukan

Meskipun biang keringat dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jangan ragu-ragu untuk segera menemui dokter apabila suhu tubuh si kecil lebih dari 38 derajat Celcius dan ruam tidak hilang setelah tiga atau empat hari, tampak semakin parah, dan terinfeksi.

Oh iya Sobat dalam beberapa kasus dapat terjadi ruam atau bintil di akibatkan oleh alergi susu sapi yang terkandung dalam bahan susu formula, namun untuk memastikannya di perlukan pengamatan yang lebih, Sobat dapat mengamati apakah ada kelainan lain juga dikulit atau semakin parah atau kelainan di pernafasan seperti suara nafas grok atau pilek atau kelainan disaluran pencernaan seperti kolik (kesakitan), mencret dan lain lain.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok , Semoga keluarga terutama Bayi Sobat dalam keadaan sehat selalu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.