Batuk setelah operasi usua buntu 1bulan

Selmat siang dok.dok kemaren saya melakukan rontgen karna batuk setelah operasi usus buntu saya mengalami batu sekitar 1minggu lebih dan hasil pemeriksaan rontgen hasilnya seperti ini
Cor, Sinus dan diagfragma t.a.k.
Pulmo :Paracardial kanan, puncak kiri berbecak lunak.
Kesan: Susp kp duplek.
Terimakasih banyak dok

1 Jawaban Dokter

Staff 06/07/2018
Public

Selamat Siang Sobat
Untuk hasil rontgen sobat, menjelaskan hasil :
Jantung, ruangan rongga dada difragma tidak ada kelainan (t.a.k)
Paru : daerah paru kanan di paracardial terdapat bercak
Daerah paru kiri bagian puncak terdapat bercak.
Kesan : suspect (sobat masih di sangka) menderita Koch Pulmonum (KP)
Koch Pulmonum (KP) yaitu infeksi TBC atau tuberkulosis. Langkah selanjutnya biasanya adalah pemeriksaan dahak untuk memastikan bahwa infeksi tersebut positif TBC. Apabila pemeriksaan dahak pagi hari positif, maka memang benar infeksi TBC, akan tetapi bila negatif mungkin TBC yang tidak menular.
Gejala TBC : Batuk >3 minggu, ber keringat di malam hari, demam ringan kadang menggigil, berat badan menurun atau kurus dan lain-lain.
Infeksi TBC yang di diagnosa dengan pasti harus di obati dengan obat TBC selama 6 bulan. Sobat tidak perlu terlalu khawatir karena infeksi TBC pada umumnya akan sembuh asal berobat dengan benar dan teratur.
Untuk makanan, tidak ada pantangan untuk penderita TBC. Justru orang dengan TBC di anjurkan mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan protein supaya membantu proses pemulihan dan tidak kehilangan berat badan lebih dari yang sudah di alami.
Penularan penyakit TBC adalah melalui droplet penderita.
Saran kami, sobat dapat menemui Dokter Spesialis Paru agar dapat di periksa dengan pasti apakah sobat benar TBC atau tidak di karenakan di dalam hasil rontgen sobat masih “di sangka” jadi belum pasti. Mungkin nanti dokter membutuhkan pemeriksaan lanjutan untuk mendiagnosa penyakit sobat. Jangan lupa membawa hasil rontgen thorax kemarin saat berkunjung dengan dokter spesialis Paru ya sobat.
Semoga bermanfaat, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.