batuk darah

malam dok…saya tiba-tiba tersedak ludah terus batuk dan keluar darah encer yang lumayan banyak tapi dada gk terasa sakit , sekarang ini saya sedang dalam pengobatan TBC dok tapi tiba-tiba tersedak terus batuk darah mohon penjelasan dok…. terima kasih

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Kuman TBC dapat menyebabkan luka di paru-paru. Jika luka tersebut berdarah, darah akan dikeluarkan dari paru-paru dengan cara batuk.
Saran dari saya, tetap lanjutkan pengobatan TBC. Dengan melanjutkan pengobatan TBC, kuman TBC akan mati sehingga tidak melukai paru lebih lanjut. Selain itu pula, dengan tetap menjalani pengobatan TBC, sobat tidak menulari orang di sekitar sobat karena kuman TBC dibunuh oleh obat tersebut.
Apabila batuk, tutup mulut dengan tangan dan cuci tangan setelahnya. Apabila memungkinkan, selalu gunakan masker agar kuman TBC tidak menyebar dan sobat tidak terkena kuman baru lainnya. Apabila sobat batuk lagi, keluarkan batuk darah tersebut, jangan ditahan-tahan. Apabila batuk darah berjumlah besar (lebih dari setengah gelas), segera berobat ke IGD.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.