sejauhmana aman atau tidaknya anak usia 2,5 tahun meminum susu kotak UHT secara kontinyu ( 3 kotak sehari )

Disini saya mau bertanya mengenai sejauhmana aman atau tidaknya anak usia 2,5 tahun meminum susu kotak UHT secara kontinyu ( 3 kotak sehari ) , seperti susu :
1. Ultra milk kotak
2. Milo kotak
3. Ultra mimi kotak
4. Dll

Sebab ada yang bilang itu kurang bagus untuk diminum oleh anak usia dalam masa balita.

Selain itu saya juga ingin bertanya, apakah ada kandungan gizi dan vitamin dalam susu tersebut untuk mendukung perkembangan tubuh sang buah hati yang sedang masa pertumbuhan ? Jika tidak ada atau kurang, apa solusi terbaik dalam hal ini supaya buah hati (anak) bisa mendapatkan asupan gizi dan vitamin yang cukup dari susu ?

1 Jawaban Dokter

Staff 05/07/2018
Public

Selamat pagi.
Untuk memastikan pertumbuhan anak yang baik setelah penyapihan, konsumsi susu harus dilanjutkan karena tubuh anak memerlukan nutrisi alami seperti protein, kalsium, kolin, sphingomyelin, biotin, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya yang terkandung dalam susu.
Setelah lepas ASI, pemberian susu dapat dilanjutkan dengan menggunakan susu UHT. Susu UHT adalah susu yang telah diolah dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature) di mana susu dipanaskan pada suhu 135 – 140 derajat Celcius selama 3-4 detik. Pemanasan tersebut mematikan seluruh bakteri dan sporanya tanpa mengurangi gizi dan nutrisi susu.
Dari segi medis, konsumsi susu UHT disarankan oleh Food and Drug Administration (FDA) karena sterilitas dan kadar nutrisinya yang terjamin. Susu UHT aman dikonsumsi oleh anak di atas usia 2 tahun. 
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.