Susu formula untuk anak alergi

Hallo dok.. Anak saya laki2 usia 7 bulan memiliki alergi.. sudah 2 bulan ini berat badannya tidak naik stuck di 7kg.. jika saya ingin menambah asupan susu formula kira2 susu formula apa yg cocok untuk anak alergi susu sapi dan turunannya seperti anak saya? Dan apa perbedaannya antara Neocate dengan Nutrilom royal soya? Terima kasih banyak dok..

1 Jawaban Dokter

Staff 05/07/2018
Public

Selamat pagi.
Bagi anak yang mengalami alergi susu sapi, maka dapat mengkonsumsi jenis-jenis susu berikut:

  1. Susu formula hidrolisis. Susu ini dirancang khusus untuk bayi yang alergi terhadap protein dalam susu formula (sapi). Susu formula hidrolisis sebetulnya masih berbasis susu sapi juga tetapi susu ini mengalami proses hidrolisis sehingga protein-protein utuh dalam susu sapi terurai menjadi partikel-partikel kecil sehingga sifatnya menjadi kurang alergenik. Susu ini juga tidak mengandung laktosa.
  2. Susu formula berbasis asam amino. Susu ini tidak mengandung rantai protein tetapi mengandung asam amino yaitu zat pembangun protein-protein itu sehingga paling bersifat hipoalergenik dibandingkan susu formula lainnya. Neocate termasuk dalam jenis susu ini.
  3. Susu formula soya. Susu formula soya terbuat dari kacang keledai yang kemudian dimodifikasi dengan vitamin, mineral, dan nutrisi-nutrisi lainnya. Susu soya dianjurkan diberikan kepada bayi berusia lebih dari 6 bulan. Menurut studi, 50% bayi yang alergi protein di susu sapi formula juga dapat menjadi alergi pada protein di susu soya formula. Nutrilon Soya termasuk dalam susu jenis ini.

Berkonsultasilah dengan Dokter Spesialis Anak mengenai susu jenis apa yang paling sesuai dengan kondisi klinis anak Anda.
Untuk pertumbuhan anak usia 7 bulan, perlu diperhatikan juga MPASI yang diberikan pada anak. 

  • Selalu olah MPASI dengan kebersihan yang terjaga
  • Karbohidrat, protein (daging, ayam, telur, dan ikan), sayuran, dan buah-buahan dapat diberikan sejak usia 6 bulan
  • Untuk bahan makanan yang rentan memicu alergi seperti misalnya telur, kacang-kacangan, ikan, kerang, dll sebaiknya tidak diberikan secara bersama-sama agar Anda dapat lebih mudah memperhatikan bahan makanan mana yang dapat dikonsumsi dengan baik oleh anak, dan bahan makanan mana yang menyebabkan alergi pada anak.
  • Pada awal pemberian MPASI, mulailah dengan makanan berkonsistensi halus atau saring yang encer. Secara bertahap, ubah konsistensi menjadi lebih kental. Misalnya setelah bubur dan lauk saring, dapat diubah menjadi bubur kasar yang tidak disaring dengan lauk disaring, kemudian ditingkatkan lagi menjadi makanan lunak (nasi tim) dengan lauk cincang, dan terakhir makanan yang sama dengan anggota keluarga lainnya.
  • Di bawah usia 1 tahun, anak sebaiknya diberikan gula dan garam sesedikit mungkin. Akan tetapi, anak boleh diberikan gula dan garam jika dengan pemberian gula dan garam dapat membuat anak mau makan
  • Buat jadwal makan teratur agar anak terbiasa
  • Pengenalan makanan membutuhkan setidaknya 10-15 kali mencoba hingga anak terbiasa
  • Jangan memaksa anak makan jika ia menolak atau sudah kenyang untuk mencegah ia sulit makan ke depannya

Semoga dapat membantu dan sehat selalu ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.