menstruari tidak teratur

dokter,saya prempuan umur 26thn dan sudah menikah 1,5thn tapi belum mempuyai momongan.

menstruasi saya suka datang 1 bulan 2x,
misalkan tgl 7 juni mulai klr flek coklat,8 juninya darah kepink2n,tgl 9,10,11&12 darah merah mens normal.

dan seminggu kemudian, tgl 18 dan 19 juni nya saya keputihan. tgl 20 juninya saya flek coklat,dan klr juga mens kepink pink\\'an. tgl 21 nya klr drh mens biasa tp gak deras hanya sedikit smp tgl 23,tgl 24 nya keputihan dan berangsur bersih.

saya pernah usg,hasilnya dokter blg letak rahim saya normal.
tapi keputihan saya banyak dan dokter memberi saya obat pembersih keputihan. karna katanya ketika sprema masuk ke vagina,dan vagina nya banyak keputihan sprema tersebut langsung mati.

saya mau tanya,apakah mens 1 bulan 2x itu normal kah?
atau saya terkena penyakit dok? seperti miom,kista dll?
soalnya saya sudah lama mengalami spt ini,sblm menikah saya hanya bertanya sm bidan. katanya itu normal,karna sisa dr menstruasi saya yg blm keluar. makanya bs mens sebulan 2x,tp stelah menikah baru terasa kalo ini sangat mengganggu.

mohon penjelasannya ya dokter. trima kasih..

1 Jawaban Dokter

Staff 30/06/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Menstruasi tidak teratur apabila telah di USG oleh dokter kebidanan dikatakan normal maka kecil kemungkinan adanya kista atau myoma, karena kedua hal ini akan terlihat di usg. Penyebab lain dari menstruasi tidak teratur adalah gangguan hormon kewanitaan, hal ini dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat (jarang olahraga, berat badan terlalu gemuk / terlalu kurus, pola makan yang tidak sehat banyak lemak), stress psikologi, stress fisik, obat-obatan dan faktor genetik.
 
Perlu diketahui memiliki momongan memerlukan kesuburan dan komitmen dari dua belah pihak, oleh karena itu apabila sobat belum memiliki momongan, maka saya menyarankan 2 hal

  1. konsultasi ke dokter kandungan sub spesialis fertilitas untuk menilai kembali mengenai masalah kesuburan sobat.
  2. konsultasi ke dokter andrologi untuk menilai kesuburan pasangan sobat

sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.