sulit makan, butuh saran produk susu formula

anak sy usia 9 bulan. sejak usia 7 bulan terkadang sulit makan. sy sempat beli nutrilon soya, tapi dia tdk mau minum. selama ini asi hingga sekarang. nafsu makannya up n down. belakangan ini semakin parah, buahan pun jadi tidak mau jg. sebelumnya masih mau mkn buahan. jd sy dan suami berencana memberinya sufor. mohon advice nya ya, produk sufor dan tips utk keluhan sy ini. Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 29/06/2018
Public

Selamat Siang Bunda
Terimakasih atas pertanyaan Bunda.
Perlu Bunda ketahui sebelumnya bahwa ukuran lambung anak usia 6-12 tahun kira kira kurang lebih seukuran bola tenis. Jadi porsi makan anak pun tidak terlalu banyak. Dan berbagai macam alasan nafsu makan anak menjadi menurun, di antaranya adalah :

  • Tubuh anak sedang dalam keadaan tidak fit atau sakit, biasa pada anak gigi sedang tumbuh atau sakit tenggorokan
  • Anak bosan atau tidak suka dengan rasa, tampilan dan menu makanan
  • Sudah kenyang karena sebelumnya makan camilan, susu, makanan ringan
  • Anak stres atau tegang hal ini terjadi ketika orangtua kerap memaksa anak untuk makan, sehingga anak menjadi stress dan nafsu makan akhirnya menurun
  • dll.

Berikut referensi jadwal pola makan bayi usia 9 bulan :

  1. 05:30 – 07:00 = Antara waktu ini bayi mulai bangun pagi dan Anda bisa memberikan ASI atau susu formula. Jangan memberikan camilan apapun seperti roti sebab pencernaan bayi Anda masih sangat lembut ketika pagi hari. Susu bisa menjadi sarapan yang sangat menyenangkan untuk bayi.
  2. 08:00 = Setelah bayi mandi dan berganti pakaian, maka ini waktu yang tepat untuk memberikan sarapan pagi. Anda bisa menyiapkan sarapan yang sedikit lebih padat seperti nasi lembut dari nasi merah yang dicampur dengan sayur atau ikan.
  3. 09:00 = Ketika bayi Anda sudah makan, lelah bermain dan merasa mengantuk, maka Anda bisa mengajak bayi untuk tidur pada waktu ini. bayi Anda bisa tidur selama kurang lebih 1 jam.
  4. 10:00 – 11:00 = Setelah bayi Anda bangun tidur, Anda bisa kembali memberikan ASI atau susu formula. Jika bayi Anda merasa tidak terlalu tertarik dengan susu maka Anda bisa memberikan camilan seperti roti bayi.
  5. 12:00 = Berikan ASI atau susu formula dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Setelah itu Anda bisa memberikan camilan seperti buah. Anda bisa memberikan pepaya atau mangga yang bisa diambil sendiri oleh bayi dari piring.
  6. 13:00 = Bayi Anda sudah merasa lelah dan kenyang kemudian Anda bisa mengajak bayi untuk tidur siang. Bayi usia 9 bulan bisa tidur siang selama kurang lebih 3 jam.
  7. 15:00 = Bayi Anda mungkin akan minta ASI atau susu formula setelah bangun tidur. Ketika mood dan perasaan bayi belum terlalu baik maka jangan memberikan makanan padat atau camilan pada bayi.
  8. 16:00 = Setelah bayi Anda mandi dan merasa nyaman Anda bisa memberikan makan malam. Anda bisa memberikan makanan yang mengenyangkan seperti sumber tepung dan sayuran.
  9. 16:30 – 19:00 = Saatnya bayi Anda bermain dengan saudara atau orang tua. Sesekali Anda bisa menawarkan ASI atau susu formula agar bayi tidak terlalu rewel ketika akan tidur malam.

Pada umumnya susu formula memiliki kandungan yang sama hanya berbeda dengan tambahan vitamin atau tambahan lain nya serta rasa, Bunda dapat tetap memilih ASI namun Bunda tetap harus mengkonsumsi vitamin atau makan bergizi sehingga ASI yang dihasilkan bagus kualitasnya dan bilang memang ingin susu formula karena pada umumnya sama, Bunda dapat mencari kira-kira yang di suka oleh anak Bunda yang susu formula yang mana.
Jika bunda masih merasa khawatir Bunda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik yang mungkin dapat memberi saran atau makanan yang dapat disukai anak.
Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan semoga Bunda beserta keluarga selalu dalam keadaan Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.