1 Jawaban Dokter

Staff 29/06/2018
Public

Selamat Pagi Sobat
Batuk adalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari saluran nafas.

Dari penjelasan di atas batuk berarti belum tentu merupakan suatu penyakit, bisa hilang dengan cepat atau merupakan bagian dari suatu penyakit yang pengobatannnya pun tergantung dari penyakit apa yang mendasari nya. Berikut batuk berdasar penyebabnya :
1. Bakteri maka di pertimbangkan perlu nya menggunakan suatu antibiotika
2.  Virus maka dapat sembuh dengan sendiri nya dengan memper bagus daya tahan tubuh
3.  Alergi maka harus di hindari pencetus alergi nya atau jika perlu dapat menggunakan obat anti alergi. biasanya sering kambuh jika peyebabnya alergi.
4. Iritan penyakit akibat kerja contoh asbes, kanker paru, TBC 
5. Penyakit jangka panjang yang kambuh, misalnya asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), atau bronkitis kronis, GERD.

Selain penyebab, dapat juga melihat jenis batuk, jenis batuk di bedakan menjadi batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak di kenal dengan istilah batuk produktif karena batuk ini di sertai dengan meningkat nya produksi lendir atau dahak di tenggorokan. Sedang kan batuk kering dikenal dengan istilah batuk nonproduktif karena batuk ini tidak disertai dengan dahak. Beberapa obat batuk di jual bebas biasanya mengandung obat untuk meredakan batuk bersahak atau batuk kering, sobat dapat melihat petunjuk dari pemakaian obat tersebut.

Apabila sobat mengalami batuk yang mengkhawatirkan, sobat dapat mengunjungi dokter dan dokter akan menanyakan gejala dan memeriksa kondisi fisik sobat. Riwayat medis sobat dan keluarga juga akan di tanyakan pada awal pemeriksaan. Jika tidak yakin dengan penyebab batuk Anda, dokter kemungkinan akan menganjurkan pemeriksaan lebih lanjut yang berupa pengambilan sampel dahak untuk menentukan adanya infeksi bakteri dan jenis antibiotik yang akan di berikan jika batuk di sebabkan oleh bakteri. Rontgen dada untuk memeriksa keadaan paru paru sobat bila curiga sobat mengalami infeksi paru-paru. Spirometri, yaitu prosedur menarik dan menghembuskan napas lewat tabung yang terhubung dengan mesin. Langkah ini berfungsi untuk memeriksa apakah Anda memiliki penyakit saluran pernapasan atau tidak. Tes alergi untuk memeriksa jika dokter curiga batuk di akibatkan sesuatu yang memicu alergi, misalnya tungau debu. 

Semoga bermanfaat, Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya jawab Tanya Dok 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.