Apa obat salep jika terkena gigitan tomcat?

Dear Bapak/Ibu Dokter,

Beberapa hari lalu sepertinya tangan saya terkena tomcat. Lukanya sekarang seperti melepuh, bernanah dan perih sekali. Kemudian di sekitar luka itu ada bintik kecil seperti jerawat yg cikal bakal luka melepuh juga. Yang ingin ditanyakan:
1. Saya diberi salep acyclovir 5% oleh apoteker, apakah bisa untuk luka ini? Krn menurut bbrp artikel di internet sepertinya tidak bisa untuk bekas gigitan tomcat.
2. Salep apa ya dok yang sekiranya bisa mempercepat penyembuhannya ya? Karna perihnya ini sangat mengganggu kegiatan, terlebih krn letaknya di siku jd rentan terkena gesekan.
3. Apakah luka ini menular jika tersentuh orang?

Mohon jawaban sejelas-jelasnya.

Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 29/06/2018
Public

Selamat Pagi Sobat, 
Kami akan menjawab satu persatu pertanyaan sobat.
1. Jika memang benar sobat terkena bahan racun dari tomcat yang bisa di dapat dari ber sentuhan langsung dengan tomcat atau dari bahan yang terkena racun tomcat contoh sprei atau bahan lain yang terkena racun. Maka salep acyclovir tidak membantu dalam mengobati atau mengurangi gejala yang di alami sobat.
2. Sobat dapat membeli salep yang mengandung steroid dosis rendah contoh salep Fucicort. Steroid berguna untuk mengurangi inflamasi atau peradangan yang terjadi, dan kandungan asam fusidat untuk mengatasi atau mencegah apabila terjadi infeksi sekunder pada luka sobat.
Sobat mungkin dapat juga ke dokter atau rs untuk melihat apakah perlu suntikan anti inflamasi atau anti peradangan dan anti histamin atau anti alergi lewat jalur suntik bila memang luka sobat luas atau sobat benar-benar sangat terganggu dengan sakit luka yang sobat alami. Pemberian obat dengan jalan suntik mungkin dapat lebih cepat proses penyembuhan nya di banding kan dengan salep. 
Namun hal-hal berkaitan dengan  kecepatan penyembuhan luka juga berhubungan dengan tingkat luas dan keparahan atau ada tidak nya infeksi sekunder.
3. Jawaban untuk pertanyaan ke tiga, Luka yang di alami sobat tidak menular. Namun apabila tomcat tersebut menaruh racun nya misal di sprei sobat atau keset atau barang lain nya. Sobat dapat mencuci barang sobat dengan larutan anti septik agar tidak mengenai sobat lagi atau orang yang sobat kasihi.
Sekian semoga dapat membantu, Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Jawab Tanya Dok 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.