Muncul ruam merah pada pipi bayi sejak berusia 2 bulan, dicurigai alergi susu

Anak saya berusia 3 bulan, saya memberinya sufor dr usia ia 0 bulan karena ASI saya sedikit. Susu pertama yg diberikan oleh pihak rumah sakit adalah nutrilon baby, setelah sebulan saya ganti dg sgm complinutri.. Feses dan tumbuh kembangnya baik hanya bab dari awal kelahiran sering bisa sampai 10x sehari, gejala yang timbul setelah 2 bulan adalah timbul ruam di pipi, kulit kasar dan kemerahan di bagian pipi tertentu, berat badan hanya naik 500 gr/bulan, sering gumoh, dan bab masih sering bisa sampai 5-6 kali sehari di usia 3 bulan sekarang. Apa benar anak saya alergi susu sapi dok? Saya belum pernah tanya ke dsa nya langsung mengenai hal ini… Mohon jawabannya ya dok..

1 Jawaban Dokter

untuk babnya normal bu. Pola BAB bayi memang berbeda dengan dewasa, bayi dapat BAB sampai 7x/hari dan itu normal, dan bisa sampai 7 hari tidak BAB dan itu juga normal. Yang penting perutnya tidak kembung sekali, anak minum baik, dan tidak rewel bu.

tetapi untuk ruamnya bisa jadi alergi susu sapi bu.
bila memang terdiagnosis alergi susu sapi, baiknya susunya diganti dengan susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

untuk beratnya naiknya kurang bu. harusnya kenaikannya 1kg/bulan di 3 bulan pertama. dan karena full sufor berarti pemberian susunya salah bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.