mata ikan

Dok mau tanya dong, saya kan pertama ada mata ikan di telapak kaki tapi cuma saya diamkan saja sampai akhirnya makin besar dan tumbuh di sekitarnya beberapa jadi ada 5 mata ikan , awalnya mau saya operasi tp karna lebaran saya mudik jadi rencana mau setelah lebaran, lalu gatau karna apa tumbuh lagi 1 di bagian jempol tangan kiri. Kenapa ya dok bisa banyak kaya gitu? Makasih

1 Jawaban Dokter

Staff 14/06/2018
Public

Selamat pagi.
Mata ikan dikenal dengan istilah medis clavus. Clavus merupakan penebalan kulit karena adanya tekanan dan gesekan yang terus menerus. Clavus umumnya ditemukan pada telapak kaki, namun mungkin juga muncul pada bagian tubuh lain yang juga mengalami tekanan dan gesekan terus menerus.
Tekanan atau gesekan yang berulang dan terus menerus dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya cara berjalan, tipe alas kaki, ukuran alas kaki, jenis aktivitas, dll.
Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah timbulnya luka pada clavus dan mencegah jumlahnya bertambah banyak:

  • Pilih alas kaki yang nyaman dipakai
  • Kenakan alas tambahan (inner soles) saat menggunakan sepatu¬†
  • Hindari sepatu dengan tinggi hak lebih dari 3 cm

Periksakan kondisi kaki dan tangan Anda secara langsung pada dokter agar dapat dilakukan penanganan yang sesuai, untuk memastikan apakah yang Anda alami merupakan clavus atau gangguan lain yang menyerupai clavus.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.