Usia USG lebih lama 2 minggu dari pada HPMT

Assalamualaikum dok… Dok, HPMT sy sekitar tgl : 11-12 April 2018, siklus mens sy kadang tidak teratur, kemarin tgl 10 Juni 2018 sy USG dan kehamilan sy 9w2d, ukuran janin 23 mm, kalo di hitung hitung berarti usia kehamilan USG dan HPMT agak jauh ya dok, sedangkan sy berhubungan tgl 12,14, 18, 22 april, 25, 28 april, 4 mei dan 12 mei, tetapi sperma keluar diluar, kecuali tgl 22 yg sy rasakan banget, hehe… aku jadi bingung kenapa usia di USG 9w2d ?? padahal kalo sy hitung perminggu sekitar tgl 6 April 2018 dong ?? sedangkan sy HPMTnya aja tgl 11-12 April 2018, mohon penjelasannya dok, terimakasih ūüôā

2 answer

selamat pagi sobat,
Menentukan usia kehamilan, dapat dilakukan dengan 2 metode, yakni dengan melakukan perhitungan manual berdasarkan HPHT (hari pertama haid terakhir, serta dengan pemeriksaan USG. Hasil perhitungan keduanya bisa saja memiliki sedikit perbedaan. Namun, umumnye perbedaan ini tidak terlalu jauh (tidak lebih dari 2-3 minggu).
berdasarkan HPMT anda yaitu pada tanggal 11-12 april 2018 maka menurut HPHT anda sekitar 8-9minggu. maka dianggap cukup sesuai, sejauh dokter menyatakan tidak ada kelainan selama pemeriksaan kehamilan. pada pemeriksaan USG, usia kehamilan ditentukan berdasarkan perkembangan ukuran dan berat janin. 
Yang terpenting adalah, rawat kehamilan Anda agar pertumbuhan janin yang Anda kandung bisa optimal, caranya yakni:

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang. Untuk membantu meningkatkan berat janin,¬†lakukan diet tinggi karbohidrat.
  • Istirahat yang cukup dan jangan stres
  • Belajar lakukan senam hamil untuk membantu memperlancar persalinan
  • Biasakan tidur miring kiri

Tidak lupa, periksakan kehamilan Anda secara teratur ke dokter spesialis sobstetri dan ginekologi.
semoga informasi ini bermanfaat 

#1

Selamat siang ibu.
Kebingungan ibu bisa dipahami dan jawabannya terletak pada siklus haid ibu yang tidak teratur, patokan usia kehamilan dari tanggal HPMT itu dengan asumsi siklus haid ibu teratur, datang setiap bulan dan dengan jarak antar siklusnya 28 hari. Jika ibu sudah melakukan USG trimester 1 (dibawah 14 minggu) , maka usia kehamilan ibu saat ini dan seterusnya dihitung berdasarkan usg trimester 1 yaitu 9w2d dan bukan berdasarkan tanggal HPMT ibu. banyak pasien seperti ibu. tidak perlu kuatir dan semoga kehamilan berjalan baik.
Salam Sehat

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.