Saya terkena knalpot panas

Dokter, beberapa hari lalu betis saya terkena knalpot panas dan langsung saya beri gel aloevera agar dingin. Tidak lama luka saya makin menghitam dan muncul gelembung berisi air, saya olesi salep Bioplacenton sehari 3kali. Nah 2 hari kemudian gelembung pecah saat saya tertidur.
Setelah gelembung pecah kok rasanya kaki saya sakit sekali kalau buat berdiri, dan kata sepupu saya yang dokter setelah luka itu pecah baiknya diberi salep gentamicin. Itu benar dok?
Pertanyaan saya, Kenapa kaki saya sakit sekali dan bagaimana cara menyembuhkannya? Apakah bahaya? Dan bagaimana agar tidak berbekas?
Terima kasih dok.

1 Jawaban Dokter

Staff 10/06/2018
Public

Halo, kulit yang terkena knalpot panas mengalami luka bakar, dan apabila sampai muncul gelembung berisi cairan berarti luka bakar anda cukup dalam sampai ke lapisan dermis. Secara klinis, kulit akan tampak merah, lecet, melepuh, bengkak dan terasa sakit. Jika luka bakar menunjukkan tanda infeksi, dapat diberikan salep antibiotik atau antibiotik oral. Jika nyeri mengganggu, anda juga dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter bila luka bakar luas,dalam, atau tampak infeksi.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.