Bagaimana cara minum obat

Saya mau tanya dok.. idealnya kalau minum obat 3xsehari kan tiap 8jam. Dalam pemikiran orang awam biasanya kalau minum obat 3xsehari ya pagi, siang dan malam. Yg jadi masalah adalah anak saya.. usia nya belum genab 2tahun. Jika di terapkan sistem minum obat sekali 8jam, maka akan ada waktu minum obatnya ditengah malam. Anak saya jika sudah terbangun tengah malam, untuk tidur kembali sangat susah. Atau kadang harus bikin anak telat tidur nya untuk menunggu jadwal minum obat pkl 11 atau 12 malam..

1 Jawaban Dokter

Staff 10/06/2018
Public

Halo, aturan frekuensi minum obat dihitung berdasarkan konsentrasi obat di serum yang akan naik dan turun. Misalnya pada obat yang time dependent, obat tersebut harus ada terus-menerus di dalam serum, sehingga saat konsentrasi obat akan turun, itulah waktunya si pasien minum obat lagi demi menjaga konsentrasi obat di dalam serum tetap stabil. 
Biasanya penggunaan antibiotik yang perlu diikuti aturan per berapa jam harus dikonsumsi. Sehingga disarankan untuk memberi obat anak misalnya contoh jam 6 pagi, 2 siang, dan 10 malam.. Apabila anak akan tidur, tidak terlalu menjadi masalah apabila obat diberikan pk 9 malam sehingga tidak mengganggu tidurnya. Sedangkan apabila terlewat,tidak perlu memperbanyak dosis sendiri atau menggandakan dosis, langsung minum saja sesegera mungkin sesuai anjuran dokter.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.