Vaksin HPV

Selamat Sore all Dokter,
Terkait jawaban salah satu dokter Tanyadok.com sbg berikut;

Saat ini dalam batas nilai yang normal dan nampaknya lesi pra kanker pun tidak ada, namun karena sudah ada terkena hpv high risk sebaiknya sobat vaksin dan sebaiknya sobat pap smear annual secara teratur.
Sobat juga dapat melakukan pemeriksaan pap smear atau konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan di rs.

Sy ingin sy tanyakan, apa bedanya pap smear annual dgn pap smear yg sy lakukan? Dan apakah suntik anti virus HPV boleh dilakukan bersamaan dgn Vaksin Gardasil? Trima kasih.. mohon jawabannya..

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Yang dimaksud oleh dokter sebelumnya tentang pap smear annual adalah sobat melakukan pap smear secara rutin. Sebagai pedoman, jadwal untuk melakukan pap smear adalah  tiga tahun setelah berhubungan intim yang pertama. Setelah itu, sampai usia 30 tahun, tiga tahun sekali. Untuk wanita di atas 30 tahun, jika hasil tes normal dan Anda tidak memiliki faktor risiko,dianjurkan untuk mengulangnya tiga-lima tahun lagi. Bila sudah diatas 65 tahun, tidak ada diindikasikan bila sudah dinyatakan negatif dan tidak berisiko.
Gardasil merupakan vaksin HPV dengan kekebalan untuk 4 strain, yaitu HPV strain 6,11,16 dan 18. Strain 6 dan 11 yang menyebabkan penyakit kutil kelamin sementara 16 dan 18 adalah penyebab kanker serviks. Suntikan virus anti HPV berupa vaksin Gardasil. Semoga anda dapat memahami dan informasi ini dapat membantu, terima kasih.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.