Batuk..

Anak saya berumur 2 bln ,minum susu nutribaby royal udah sebulan sebelumnya minum susu bmt platinum gada perkembangan berat bdanny jd saya ganti nutribaby royal cepat meningkat berat bdanny dan anaknya pun jadi lebih bnyk minta minum susunya, terus pernah sakit pilek dan batuk ringan minum obat sembuh terus bapaknya batuk dan pilek terus anak saya pun ikut batuk pilek terus saya k dsa terus didiagnosa alergi susu sapi, benarkah dok anak saya alergi susu sapi apa alergi karena virus? Dianjurkan dokter minum susu nutramigen lgg terus anaknya gak suka minumnya terus jadi males minum susu jd bb nya berkurang dan batuk pilek nya dah berkurang ,bolehkah dok kembali k nutribaby royal tadi setelah sudah sembuh batuk pilek ma bintik2 merah d pergelangan tgan ma telingamu dah hilang?

3 answer

Staff 08/06/2018
Public

Hai bunda
Kami mengerti kekhawatiran Bunda,

ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi. Namun ada kalanya  pemberian ASI eksklusif tidak dapat terlaksana sehingga terpaksa dilakukan pemberian susu formula. Sekitar 3-4 % bayi dicatat mengalami kejadian Alergi Susu Sapi (ASS), sebagian besar di alami bayi di bawah umur 1 tahun.

ASS umumnya menimbulkan gejala tergantung dari organ apa yang sensitif terhadap alergi yaitu misal organ saluran pencernaan gejala berupa muntah, kram perut, kolik, atau diare. Diare dapat disertai darah karena adanya reaksi peradangan yang berat di usus/rektum. Selain itu, jika yang sentif organ kulit, gejala dapat berupa ruam, bintik merah, kulit kering atau gatal. Jika yang terkena adalah saluran napas maka dapat menimbulkan gejala pilek ringan, batuk, atau napas grok-grok. 

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) beberapa macam Susu pilihan untuk anak atau bayi alergi Susu Sapi :

1. Susu formula hidrolisat ekstensif. Pada susu ini, protein susu sapi terdapat dalam bentuk yang telah dipecah menjadi komponen yang lebih kecil. Sebagian besar bayi dan anak ASS dapat mentoleransi susu jenis ini dengan baik. Contoh merk susu yang termasuk jenis ini misalnya Nutramigen®, Pregestimil®, dan Pepti-Yunior®.  
2. Formula asam amino. Formula yang mengandung asam amino bebas (bentuk paling sederhana dari protein) sebagai sumber nitrogen ini merupakan pilihan terbaik untuk bayi dengan ASS, terutama pada ASS berat. dianggap sebagai pengobatan pilihan pertama untuk ASS. Contoh susu merk ini misalnya Neocate®. 
3. Formula kedelai (soya). Formula ini menggunakan kedelai sebagai sumber protein untuk mengganti komponen susu sapi. Meskipun tidak mengandung susu sapi, namun terkadang dapat terjadi reaksi silang antara protein susu sapi dengan protein kedelai, sehingga 10 – 14% bayi ASS dapat mengalami reaksi alergi dengan penggunaan susu ini. Formula kedelai tidak di anjurkan untuk bayi di bawah 6 bulan. Formula ini dapat di pertimbangkan pada bayi dengan keadaan khusus, misalnya masalah ekonomi keluarga, bayi tidak dapat mentoleransi susu formula jenis lain, atau adanya preferensi khusus (pola makan vegetarian). 
4. Susu formula hidrolisat parsial tidak di anjurkan untuk bayi ASS. Contoh merk adalah : NAN HA, ENFA HA, Nutrilion HA. Kenapa tidak di anjurkan, karena susu hidrolisat parsial di peruntukan untuk mencegah Alergi Susu Sapi, bukan untuk bayi atau anak yang sudah mengalami ASS.

#1
Staff 08/06/2018
Public

bolehkah kembali kenutrilionbaby royal setelah sembuh batuk pilek serta ruam bintik merah hilang?

Jika sudah tegak diagnosis alergi susu sapi, memang anak dan Bunda jika memang juga di beri ASI di sarankan untuk menghindari semua makanan dan minuman yang mengandung susu dan produk turunannya, seperti mentega, krim, yogurt, keju, dll.

Namun, sebagian besar anak (sekitar 70%) akan terbebas dari alergi susu sapi ini, antara usia 1 hingga 5 tahun.

Menurut panduan dari IDAI, anak dapat di coba kembali di berikan susu sapi setelah 6 bulan di berikan susu untuk anak alergi susu sapi.

Apabila sudah tidak lagi timbul reaksi alergi, maka artinya anak Bunda sudah terbebas dari alergi susu sapi. Namun apabila masih timbul gejala, Bunda harus bersabar sedikit lagi.

Demikian Semoga bermanfaat, Semoga Bunda, Bayi serta keluarga selalu dalam keadaan Sehat. Terima Kasih telah menggunakan layanan Tanya jawab Tanya Dok 🙂

#2

oh kalau begitu sepertinya memang alergi susu sapi bu. kalau ibu balik ke susu formula standar gejala alerginya akan balik lagi. ibu boleh coba kembali setelah 6 bulan bu. kalau masih alergi coba lagi diusia 1 thn.
kalau bayinya tidak mau dengan susu alergi coba gunakan soya bu. tp 20% anak yg alergi susu sapi juga alergi soya bu. semoga bayi ibu tidak ya.

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.