bagaimana cara saya menghilangkan kebiasaan buruk saya?

saya mempunyai kebiasaan buruk yaitu insomnia tak henti2 malah hampir setiap hari sy tak bisa tidur , perharinya saya dapat tidur hanya 5-6 jam saja , dan disamping itu sy gamers addict , dan kebiasaan sy yg paling buruk yg satu ini adalah onani , sy bisa onani 3-4 kali seminggu .
pertanyaan sy adalah gimana sy menghilangkan semua itu ?, apakah itu penyakit jiwa ?
sekian dan terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 08/06/2018
Public

Selamat Siang Sobat
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Cara pertama untuk menghilangkan kebiasaan buruk adalah dengan mengetahui kebiasaan tersebut memang salah. Insomnia seperti di ketahui sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, dimana sel sel tubuh perlu istirahat. Sobat dapat mengurangi dengan mengingat dampak kesehatan insomnia pada tubuh sobat. Seperti resiko penyakit depresi dan kegelisahan di kemudian hari, serta meningkatkan resiko penyakit jantung di banding individu yang mempunyai kualitas tidur normal. Ada korelasi kuat antara kebiasaan gamers dengan insomnia yang sobat alami terutama jika letak alat gamers tersebut sangat dapat dengan mudah diakses dari kamar tidur.
Sementara, untuk kebiasaan onani (masturbasi) adalah kebiasaan untuk pemuasan seksual sendiri atau dengan alat bantu. dampak dari onani beragam, yg dikhawatirkan dari segi medis adalah :

  • Kemungkinan terjadinya infeksi terutama jika tidak mengindahkan higienitas. infeksi dan peradangan dapat menyebabkan gangguan pada organ intim
  • luka atau lecet pada organ intim
  • gangguan konsentrasi dan gangguan tidur, serta berbagai gangguan lain nya dari segi psikologis, sosial, emosional

untuk mengurangi aktivitas onani, yg dapat dilakukan adalah, dengan melakukan aktivitas lain yg positif, seperti kegiatan keagamaan, hobi yg positif, tidak menonton film atau berbagai media yg mengarah pada pornografi, memperkuat keimanan, dsb.
Selain berupaya dengan dimulai dari tekad kuat diri sendiri meng hilangkan kebiasaan gamers yang menyebabkan insomnia dan onani. Sobat dapat juga meminta bantuan kepada psikolog atau psikiater. Sebagian besar kebiasaan yang sobat alami dapat sembuh dengan tanpa obat.
Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat. Salam Sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.