3 answer

Staff 08/06/2018
Public

Hai Bunda, kami mengerti kekhawatiran bunda 🙂

Tentunya dokter spesialis anak sudah memeriksan bayi bunda secara langsung dan melihat langsung bayi bunda, berikut kami paparkan tentang alergi susu sapi yang memang sangat banyak terjadi kasusnya :
1. Memiliki riwayat pemberian pada bayi berupa Susu Formula sapi atau meminum ASI saja namun sang ibu mengkonsumsi susu sapi atau makanan minuman olahan turunan susu seperti keju, roti dan lain lain.
2. memiliki gejala jika organ tubuh bayi yang sensitiv adalah saluran pernafasan : maka bayi akan pilek, batuk, hidung tersumbat, nafas grok-grok ( bisa satu atau sekaligus semua gejala). Dan jika yang sensitiv organ pencernaan bayi maka bayi akan kolik (biasa nyeri atau terlihat mengedan sakit ketika mau BAB bahkan terkadang sampai nangis), dapat terjadi juga mencret, diare, BAB bau. (dapat semua gejala atau salah satu saja). Jika yang terkena sensitiv adalah organ kulit maka kulit dapat terlihat eksim , kering, gatal, bentol, dan lain lain.

Gejala tersebut biasanya hanya pada salah satu organ yang sensitif.

untuk penanganan, tentu pada anak alergi susu sapi harus di hentikan terlebih dahulu pemberian susu sapi dan turunannya, dan dapat di ganti beberapa pilihan susu berikut, yang tentu saja pasti ASI lebih baik daripada susu formula.

#1
Staff 08/06/2018
Public

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) beberapa macam Susu pilihan untuk anak atau bayi alergi Susu Sapi :
1. Susu formula hidrolisat ekstensif. Pada susu ini, protein susu sapi terdapat dalam bentuk yang telah dipecah menjadi komponen yang lebih kecil. Sebagian besar bayi dan anak ASS dapat mentoleransi susu jenis ini dengan baik. Contoh merk susu yang termasuk jenis ini misalnya Nutramigen®, Pregestimil®, dan Pepti-Yunior®.  
2. Formula asam amino. Formula yang mengandung asam amino bebas (bentuk paling sederhana dari protein) sebagai sumber nitrogen ini merupakan pilihan terbaik untuk bayi dengan ASS, terutama pada ASS berat. dianggap sebagai pengobatan pilihan pertama untuk ASS. Contoh susu merk ini misalnya Neocate®. 
3. Formula kedelai (soya). Formula ini menggunakan kedelai sebagai sumber protein untuk mengganti komponen susu sapi. Meskipun tidak mengandung susu sapi, namun terkadang dapat terjadi reaksi silang antara protein susu sapi dengan protein kedelai, sehingga 10 – 14% bayi ASS dapat mengalami reaksi alergi dengan penggunaan susu ini. Formula kedelai tidak di anjurkan untuk bayi di bawah 6 bulan. Formula ini dapat di pertimbangkan pada bayi dengan keadaan khusus, misalnya masalah ekonomi keluarga, bayi tidak dapat mentoleransi susu formula jenis lain, atau adanya preferensi khusus (pola makan vegetarian). 
4. Susu formula hidrolisat parsial tidak di anjurkan untuk bayi ASS. Contoh merk adalah : NAN HA, ENFA HA, Nutrilion HA. Kenapa tidak di anjurkan, karena susu hidrolisat parsial di peruntukan untuk mencegah Alergi Susu Sapi, bukan untuk bayi atau anak yang sudah mengalami ASS.

#2
Staff 08/06/2018
Public

Menurut artikel dalam simposium Pediatric pada tahun 2016. Sebagian besar bayi dan anak ASS (Alergi Susu Sapi) akan sembuh atau toleran terhadap susu sapi saat usia balita. Sebesar 50% bayi ASS akan sembuh pada usia 1 tahun, >75% sembuh pada usia 3 tahun, dan >90% sembuh pada usia 6 tahun.

Demikian semoga bermanfaat dan Semoga Bunda, bayi dan keluarga selalu dalam keadaan Sehat. Salam Sehat ?
 

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.