1 Jawaban Dokter

Staff 08/06/2018
Public

Hai Bunda,

Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

MPASI hanya di anjurkan berada di suhu ruang selama 4 jam. MPASI juga bisa di simpan di kulkas hingga 1-2 hari, ber gantung bahan makanan yang digunakan untuk membuatnya.

Makanan olah seperti MPASI tidak di anjurkan disimpan di freezer. Kalaupun ingin disimpan di kulkas, perhatikan apakah bahan makanan tersebut sudah disimpan di kulkas sebelumnya. Karena, jika sebelumnya sudah di simpan di kulkas, berarti usia simpan menjadi berkurang.

Bagaimana jika menyimpan MPASI di kulkas, Sebenarnya mengolah dan menyiapkan makanan segar, tanpa di simpan di kulkas untuk persediaan tentu jauh lebih sehat. Beberapa jenis vitamin, terutama vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan C, juga sebagian vitamin larut dalam lemak, akan rusak pada paparan udara dan cahaya.

MPASI umumnya di siapkan dengan potongan kecil atau di hancurkan. Cara penyiapan seperti ini, paparan udara dan cahaya semakin banyak diterima karena permukaan bahan makanan semakin luas. Pemanasan yang tinggi dan berulang juga merusak sebagian vitamin yang terkandung dalam bahan makanan.

Mineral umumnya tidak banyak rusak oleh paparan udara dan cahaya, tetapi ikatan kimia pada beberapa jenis mineral dapat rusak sehingga sifat kimia mineral akan berubah. Hal ini dapat meningkatkan atau menurunkan daya serap dari mineral tersebut.

Demikian Semoga bermanfaat dan Semoga bunda dan baby selalu dalam keadaan Sehat, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.