normal atau tidaak

Dok anak sya berumur 3 buln stgh.
Dri lahir kki ank saya o.
Tp yg sblh kiri bengkok nya lbih bengkok dri kki knn..
Apa itu normal?
Jika itu sbuah pnyakit atau mslah buat kedepannya..
Sya mnt solusi agar mnjadi normal
Trimksh

1 Jawaban Dokter

Staff 08/06/2018
Public

Selamat Sore Bunda 
Kami mengerti kekhawatiran Bunda,
Kaki Bayi baru normal cenderung dalam keadaan agak bengkok seperti huruf O sampai usia 3 tahun. Namun bentuk kaki O dapat terjadi tidak normal dan dapat terlihat merupakan kelainan atau tanda bahaya yang perlu dicermati jika :

  1. Lutut bayi masih bengkok sampai di atas usia 3 tahun
  2. Bengkok lututnya tidak simetris, yaitu ada sisi baik kanan maupun kiri yang lebih bengkok.
  3. Progresif, yaitu semakin bertambah-nya usia, semakin terlihat bengkok. Bunda dapat mengetahui apakah lutut bayi semakin bengkok atau tidak, dapat dilakukan oleh bunda setelah anak dapat berjalan. Caranya adalah dengan merekam anak saat berjalan. Anak di rekam saat berjalan mendekati dan menjauhi orang tuanya. Video berfokus pada gerakan ibu jari kaki, lutut dan panggul. Bunda dapat merekam cara berjalan anak ini minimal 6 bulan sekali. Anak dapat memakai pampers atau celana pendek saat di rekam sehingga terlihat ibu jari dan lututnya.
  4. Lutut bayi terlihat sangat bengkok, yaitu sudut antara tulang paha dan betis lebih dari 15 derajat.
  5. Adanya gangguan aktivitas, misalnya terlihat anak lebih dominan menggunakan kaki kanan.
  6. Lutut bengkok di sertai dengan perawakan pendek.

Jadi jika bayi bunda dengan lutut bengkok kemungkinan besar merupakan hal yang normal. Namun, ada juga lutut bengkok pada bayi yang di sebabkan oleh kelainan medis, misalnya blount disease, cerebral palsy, penyakit riketsia (kurang vitamin D) atau skeletal dysplasia yang membutuhkan penanganan medis lebih lanjut.  Oleh karena itu, bunda harus mencermati 6 tanda bahaya lutut bengkok pada bayi diatas. Jika terdapat salah satu tanda bahaya lutut bengkok pada bayi, tidak ada salahnya bunda datang ke dokter spesialis anak atau klinik tumbuh kembang untuk ber konsultasi lebih lanjut dan mendapatkan pemeriksaan secara langsung.
Demikian semoga bermanfaat, Semoga bayi bunda serta bunda selalu dalam keadaan Sehat, Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.