Assalamua'alaikum .. begini dok, anak saya laki-laki sekarang usia 2tahun 10bulan dan sudah 4kali rawat inap di RS dengan diagnosa asma dan Bronchopeneumoni..

Assalamua’alaikum .. begini dok, anak saya laki-laki sekarang usia 2tahun 10bulan dan sudah 4kali rawat inap di RS dengan diagnosa asma dan Bronchopeneumoni.. Pertama kali ranap waktu usia 12bulan, 16bulan, 2th 4bulan, dan 2th 10bulan (ini baru dua minggu keluar dari RS) Tapi saya ada curiga sakitnya berawal dari alergi, karena anak saya mudah sekali batuk, muncul bintik merah di punggung, hidung dan dahi hingga terkadang disertai sesak nafas. Untuk makanannya saya belum lakukan diet apapun, nafsu makan anak saya naik turun sehingga berat badannya susah sekali naik. Metode apakah dok yang tepat untuk mendeteksi alergi pada anak saya?? Mohon jawabannya dok, Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Untuk mendeteksi alergi sendiri menggunakan prinsip trial and error. Maksudnya, sobat harus mencari tahu kira-kira apa saja yang mencetuskan alergi, kemudian menghentikannya, lalu memberikannya lagi untuk melihat apakah zat tersebut dapat menimbulkan gejala alergi.
Selain itu, sobat juga dapat melakukan skin prick test. Skin prick test dapat dilakukan di dokter untuk dilihat apa saja pencetus alergi pada anak dengan cara memberikan ekstrak alergen pada kulit anak.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.