Nyeri Ulu Hati, Perut Mules, Sakit Kepala

dari senin pagi perut mules dan mencret (2x), selasa nya dr jam 1 sampe jam 7 malem mencret (4x) disertai mules sekeliling perut dan nyeri diulu hati, jam 8 sya ke dokter tapi sampai hari ini mules nya masih berlanjut dan ulu hati masih nyeri. dokternya seh menyarankan jgn makan pedas, buah dan sayuran. sepulang dr dokter saya hanya makan nasi dg telur ato nasi dg ayam goreng saja tdk pakai sayur. Apakah ada masalah serius dg perut saya dok ? Mohon solusi nya.. Terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 07/06/2018
Public

Selamat siang.
Karena kondisi belum membaik, sebaiknya Anda kembali memeriksakan diri pada dokter yang sebelumnya sudah menangani. Apabila keluhan juga disertai demam, mungkin diperlukan pemeriksaan lanjutan misalnya pemeriksaan darah atau feses.
Untuk membantu mengurangi nyeri perut dan nyeri ulu hati, hindari makanan asam, pedas, dan berminyak. Untuk membantu mengatasi diare, hindari juga makanan asam, pedas, dan berserat seperti buah dan sayuran untuk sementara.
Lebih baik konsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Makanan tinggi minyak seperti telur atau ayam goreng juga dapat memperparah nyeri perut.
Jangan lupa cukupi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air putih setiap hari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. Jika sedang berpuasa, minumlah 3 gelas air di saat sahur, 3 gelas air di saat buka puasa, dan 2 gelas air sebelum tidur.
Semoga lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.