alergi susu sapi

bayi perempuan, usia 4bln bb 5,9 kg . Saya mau tanya dok.. ini anak saya alergi susu sapi , waktu asi saya sdh mulai tdk keluar saya kasih susu bmt morinaga selang 3 hari timbul merah2 , lalu saya ganti nutribaby soya 1 aman dok . lalu ada yg beritahu saya , katanya tdk boleh langsung dikasih soya . lalu saya ganti susu nya nutribaby royal allerpre 1 sdh 4 hari ini mulai muncul merah2 lg dok . saya hrs ganti susu apa ya dok ?

1 Jawaban Dokter

Staff 07/06/2018
Public

Selamat pagi.
Sebelumnya perlu dipastikan dulu apakah kulit kemerahan benar disebabkan oleh susu sapi atau hal lainnya. Karena kulit kemerahan juga bisa disebabkan oleh iritasi, infeksi, alergi zat lain selain susu, dll.
Sebaiknya sebelum memutuskan untuk mengganti susu, Ibu berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Anak terlebih dahulu. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, menilai apa penyebab munculnya kemerahan pada kulit anak, dan kemudian menyarankan tindakan apa yang perlu dilakukan.
Jika dari hasik pemeriksaan memang dicurigai adanya alergi susu sapi, maka dokter kemudian akan menyarankan susu jenis apa yang paling sesuai dengan kondisi klinis anak.
Bagi anak yang mengalami alergi susu sapi, maka dapat mengkonsumsi jenis-jenis susu berikut:

  1. Susu formula hidrolisis. Susu ini dirancang khusus untuk bayi-bayi yang alergi terhadap protein dalam susu formula (sapi). Susu formula hidrolisis sebetulnya masih berbasis susu sapi juga tetapi susu ini mengalami proses hidrolisis sehingga protein-protein utuh dalam susu sapi terurai menjadi partikel-partikel kecil sehingga sifatnya menjadi kurang alergenik. Susu ini juga tidak mengandung laktosa. Ada 2 jenis susu pada kategori ini, yaitu susu dengan protein terhidrolisa sebagian (contohnya Allepre) dan susu dengan protein terhidrolisa seluruhnya.
  2. Susu formula berbasis asam amino. Susu ini tidak mengandung rantai protein tetapi mengandung asam amino yaitu zat pembangun protein-protein itu sehingga paling bersifat hipoalergenik dibandingkan susu formula lainnya.
  3. Susu formula soya. Susu formula soya terbuat dari kacang keledai yang kemudian dimodifikasi dengan vitamin, mineral, dan nutrisi-nutrisi lainnya. Susu soya dianjurkan diberikan kepada bayi berusia lebih dari 6 bulan. Menurut studi, 50% bayi yang alergi protein di susu sapi formula juga dapat menjadi alergi pada protein di susu soya formula.

Jika memang anak didiagnosa alergi susu sapi, maka kemungkinan besar jenis susu yang akan disarankan oleh dokter pemeriksa sebelum anak berusia 6 bulan adalah susu terhidrolisa sepenuhnya atau susu berbasis asam amino.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.