Berat badan berlebih

Anak saya usia 1 tahun 7bulan bb nya sudah 17 kg .. Dan memang semenjak bayi dia sudah gemuk. Anak sy brhenti asi semenjk usia 7bulan di lanjut dgn minum susu nutilon yg soya krna dokter blng anak sy alergi susu sapi .. Apa anak sy obesitas dan bagai mana cara menghilangkan alergi nya karna alergi sering sekali kambuh

2 answer

Staff 01/06/2018
Public

Selamat siang bunda,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

Sebelumnya untuk mengetahui apakah anah bunda obesitas harus mengetahui juga tinggi badan nya, setelah mengetahui tinggi badan anak akan didapatkan hasil apakah berat badan anak sesuai dengan tinggi badan anak bunda atau termasuk berlebih atau kurang.

Alergi susu sapi, Protein susu sapi dapat menimbulkan alergi yang menetap sampai akhir masa anak-anak. Namun biasanya alergi susu sapi akan hilang dengan sendirinya seiring dengan matangnya saluran pencernaan bayi dan organ lainnya pada bayi (pada usia 2-3 tahun). Pada usia 5 tahun, 90% anak yang sebelumnya mengalami alergi susu sapi sudah hilang alerginya.

Anak yang alergi susu sapi jika di paksa untuk mengkonsumsi makanan yang memicu alerginya (susu formula biasa) akan mengalami reaksi alergi yang terus menerus. Timbulnya reaksi alergi ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi anak dan membuat anak menjadi lebih rewel. Lebih lanjut, hal tersebut dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Jadi Sementara itu masih terjadi, anak hanya di perbolehkan mengonsumsi susu pengganti formula soya atau susu formula jenis hipoalergenik (HA) dan bahan makanan lain bebas susu sapi maupun produk turunannya (keju, yoghurt).

Untuk mengetahui apakah saat ini anak Bunda masih mengalami alergi susu sapi atau tidak, Anda bisa mencobakan lagi untuk memberikan susu sapi dan di observasi apakah ada tanda alergi yang muncul. Bila masih ada, berarti alergi susu sapi belum hilang. Sebaiknya Bunda menunggu 6-12 bulan lagi untuk kembali mencoba memberikan susu sapi kepada anak Bunda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat dan Semoga Bunda, baby dan keluarga selalu dalam keadaan sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.