2 answer

Staff 01/06/2018
Public

Selamat Siang Sobat,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Sebenarnya jenis virus HPV ada banyak sekali macam. Sebagian dapat menyebabkan kanker dan sebagian lainnya menyebabkan kutil. Adapun vaksin HPV juga ada beberapa jenis. Terutama ber tujuan untuk mencegah kanker serviks, yang di ketahui dapat di sebabkan infeksi HPV. Beberapa jenis vaksin HPV, antara lain:

  • Vaksin cevarix. Diberikan untuk mencegah kanker serviks dan memberikan kekebalan untuk infeksi HPV tipe-16 dan 18. Keduanya adalah penyebab paling sering kanker serviks.
  • Vaksin Gardasil. Mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Tidak hanya memberikan kekebalan terhadap infeksi HPV 16 dan 18, tetapi juga mencegah infeksi virus HPV-6 dan HPV-11 yang merupakan penyebab ter sering kutil kelamin.
  • Vaksin Gardasil 9. Memiliki cakupan pertahanan terhadap lebih banyak varian virus HPV,  HPV-6,  HPV-11, HPV-16, HPV-18, HPV-31,HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58.

Jika sebelumnya sobat sudah pernah terkena kutil kelamin, sebaiknya sobat diskusikan dahulu dengan dokter sobat untuk mengetahui jenis varian virus yang pernah menginfeksi.
Pemberian vaksin HPV sebenarnya dapat tetap di berikan untuk sobat namun tujuan nya bukan untuk menyembuhkan kutil kelamin yang sudah sobat dapatkan namun lebih untuk mencegah penyakit baik kutil kelamin yang didapatkan dari HPV jenis lain yang belum sobat terinfeksi maupun mencegah kanker serviks selain jenis yang juga sudah sobat terinfeksi. Di karenakan jenis virus yang pernah menginfeksi sobat dapat sangat berbeda dengan jenis varian virus yang di vaksin. Dengan di vaksin maka akan menurunkan kemungkinan Anda terkena infeksi HPV lainnya yang juga dapat menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks, tetapi tidak menutup kemungkinan Anda dapat terkena infeksi virus varian lain yang juga menyebabkan kutil kelamin. 
Semoga dapat membantu, Semoga sobat dalam keadaan sehat selalu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.