1 Jawaban Dokter

Staff 01/06/2018
Public

Selamat Pagi Sobat, 
Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok:) 
Mungkin yang sobat maksud adalah colon in loop. Teknik pemeriksaan colon in loop adalah teknik pemeriksaan radiologis  untuk memeriksa usus besar dengan menggunakan media kontras. Sementara tujuan pemeriksaan colon in loop adalah untuk mendapatkan gambaran anatomis dari kolon sehingga dapat membantu menegakkan diagnosa suatu penyakit atau kelainan-kelainan pada kolon atau usus besar.
Proses pemeriksaan colon in loop :
1. Persiapan sebelum colon in loop pada pasien
Tujuan persiapan pasien sebelum dilakukan pemeriksaan colon in loop adalah untuk membersihkan kolon dari feses, karena bayangan dari feses dapat mengganggu gambaran dan menghilangkan gambaran anatomi normal sehingga dapat memberikan kesalahan informasi. Biasanya sebelum melakukan pemeriksaan pasien disarankan untuk :
– makan makanan konsistensi lunak, rendah serat dan rendah lemak untuk menghindari terjadinya bongkahan tinja yang keras
– Minum sebanyak-banyaknya, pemberian minum yang banyak dapat menjaga tinja selalu dalam keadaan lembek
– Beberapa dokter akan menyarankan minum obat pencahar
2. Proses colon in loop
Sobat akan di masukan media kontras dari anus lalu akan di foto oleh petugas lab. Media kotras yang dimasukan tersebut itulah yang akan memperlihatkan apakah ada gambaran tertentu dari keadaan usus besar atau colon sobat.
Untuk BPJS mohon maaf kami kurang mengerti sobat dapat bertanya pada bagian BPJS di rumah sakit tempat sobat memeriksakan diri.
Semoga bermanfaat dan semoga sobat dalam keadaan sehat selalu 🙂
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.