Bagaimana cara memancung tulang hidung yang patah jadi mancung

Dok dulu hidung saya mancung dok terus saya kecelakaan dok , nah saya dioperasi dok , tulang hidung saya patah dok apakah bisa numbuh atau mancung lagi dok , gmana cara memancungkan tulang hidung yang patah terus jadi pesek gmana cara memancungkannya , apakah bisa seperti semula lagi dok , apakah bkas jahitan bisa hilang dok ,

Tolong makasih doj

1 Jawaban Dokter

Staff 31/05/2018
Public

Selamat Siang Sobat,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Pertama saya ingin bertanya umur berapa sobat? Menurut para ahli, menginjak usia 10 tahun, proses pembentukan hidung secara keseluruhan selesai lalu hidung mulai berkembang secara perlahan. Pada wanita, perkembangan tersebut akan terhenti pada usia 15-17 tahun. Sedangkan pada pria, perkembangan hidung terhenti pada usia 17-19 tahun. Bila sobat masih dalam tahap umur perkembangan tersebut, sobat lebih baik menunggu secara alami perkembangan tulang hidung sobat.
Jika telah melewati umur tersebut dan sobat ingin kembali memancungkan hidung sobat akibat kecelakaan yang sobat alami, Sobat dapat melakukan tindakan bedah plastik rekonstruksi untuk memancungkan tulang hidung, Sobat dapat ber konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah plastik untuk melihat langsung kondisi hidung sobat serta mungkin akan di lakukan pemeriksaan lab atau rontgen agar dapat mengetahui tahapan dan penangananya.
Lalu apakah dapat hilang bekas jahitannya, tergantung bekas luka dan derajat tingkat dalam nya luka, biasanya luka jahitan operasi dapat sembuh antara 7 hari sampai 3 minggu tergantung luka jahitan. Untuk proses hilangnya bekas biasanya di butuhkan 6 bulan sampai hitungan tahun tergantung dari faktor umur yang berhubungan dengan tingkat kolagen (semakin muda semakin cepat proses penyembuhan), faktor derajat luka, bahkan beberapa bekas scar ada yang tidak dapat hilang dengan alami bertahan sampai bertahun-tahun. Beberapa hal yang dapat sobat lakukan untuk mempercepat proses hilang bekas scar jahitan :
– Perbanyak konsumsi sayur, buah, air putih yang cukup
– Banyak konsumsi vitamin C sesuai dengan anjuran pemakaian
– Sobat dapat melakukan kunjungan ke dokter spesialis kulit yang mungkin akan memberikan pengobatan berupa cream atau tindakan yaitu dapat berupa peeling, microdermabrasi, laser pemilihan tindakan tergantung dari berat dalamnya luka scar tersebut
– Sementara sobat mungkin dapat membeli cream salep yg di jual bebas untuk membantu menghilangkan bekas scar seperti dermatix dan lain lain, walaupun hasil dari dermatix baru dapat memperlihatkan hasil hitungan beberapa bulan setelah pemakaian.
Semoga informasi ini bermanfaat dan Sobat selalu dalam keadaan Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.