susah untuk berbicara

bapak saya berumur 68 th,beliau mempunyai riwayat penyakit jantung ringan,tiba2 saja beliau mengalami demam tinggi,,dan sulit untuk berbicara maupun untuk bergerak,,apakah ada kemungkinan bapak saya terkena stroke ringan,,melihat bnyak dari kliarga beliau mengalami stroke,,dan bagaimana menanggulangi langkah awalnya,adakah cara atau pengobatan sementara sebelum di bawa ke dokter
terima kasih

1 Jawaban Dokter

Selamat sore sobat,
Adakah riwayat tekanan darah tinggi, diabetes pada ayah anda? Apakah ada keluhan lain seperti kelumpuhan satu sisi, sakit kepala hebat,mual muntah? Berapakah suhu badannya?
Sudah berapa lama terdapat gangguan bicara tsb?
Dari keluhan yg dikemukakan, kemungkinan yg dialami ayah anda adalah transient ischemic attact (TIA) yaitu disfungsi neurologis (persyarafan) mendadak akibat sumbatan sementara yg terjadi di otak, dpt menyebabkan ganguan bicara,memori, tingkah laku, postur. Biasanya terjadi <=30 menit. Kemungkinan lain terkait infeksi, atau gangguan persyarafan lainnya seperti stroke. Untuk penanganan sebaiknya segera dibawa ke UGD untuk pemeriksaan lengkap seperti rekam jantung, pemeriksaan darah lengkap, EKG, CT scan. 
Semoga informasi ini bermanfaat

 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.