Bagaimana cara menghilangkan bercak keunguan pada hidung?

Assalamualaikum, dok. Saya ingin bertanya. Sebelumnya saya memencet komedo di hidung agak lama dan terlalu keras memencet hidungnya. Setelah itu muncul bercak keunguan di sisi kanan kiri tulang hidung bagian bawah dan tidak hilang juga bercaknya padahal sudah saya kompres es batu beberapa kali. Bagaimana cara menghilangkannya ya, dok? Apakah bisa hilang bercaknya? Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Seperti apa bentuknya? Apakah seperti memar karena terbentur? Sudah berapa lama keluhan timbul? Apakah sobat memiliki kondisi penyakit lain atau mengonsumsi obat-obatan?
Apabila murni muncul setelah memencet komedo dan bentuknya seperti memar, bisa saja hal tersebut disebabkan oleh karena perembesan darah ke bawah jaringan kulit. Selama tidak meluas dan darah berhenti mengalir, seharusnya darah akan diserap kembali oleh tubuh setelah beberapa hari.
Akan tetapi, apabila ternyata sobat memiliki keluhan lain (mis: pendarahan di tempat lain yang tidak berhenti, dsb), mengonsumsi obat-obatan, memiliki riwayat penyakit khusus, dan sebagainya, ada baiknya sobat memeriksakan diri ke dokter.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.