Sering pilek, hidung mengeluarkn lendir bening n kadang kental hijau muda

Anak saya sering pilek, sembuhnya lama. Hidung berair bening dan kadang kental namun aktivitas normal, masih aktif. Sudah ke dokter anak dan disarankn menghindari coklat, telur, ayam, susu sapi namun masih pilek. Sudah pernh disuruh cek lab. Hasilnya gejala tbc, pdhl g batuk n drmh g da yg kena tbc. Lalu ke dokter tht utk memastikn bnr tdk tbc, malah disuruh ke dokter anak lg. Dan kata dokter anak ini alergi bkn gejala tbc.Yg saya tanyakn anak saya knp y dok? Usia 1-3 thn sehat jarang pilek..mulai sering pilek usia 4 thn mpek skrg

2 answer

Staff 24/05/2018
Public

Selamat siang Sobat,
Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

Kami mengerti kekhawatiran sobat, Pada usia anak-anak memang sangat rentan sekali terserang penyakit, hal itu di karenakan antibodi terhadap kuman dan virus yang rendah.

Beberapa penyebab pilek pada anak
1. Alergi, biasanya ditandai dengan pilek bening encer jika sudah lama dahak dapat menyebabkan batuk berdahak. Biasanya pilek pada alergi berlangsung lama 2 minggu – 4 minggu, biasa timbul atau bertambah berat di pagi hari dan sore hari
2. Infeksi pernafasan bakteri atau virus. biasanya di sertai demam dan lain-lain tergantung jenis bakteri dan virus nya.

Untuk anak alergi yang menyebabkan pilek dapat terjadi karena alergi :
1. Makanan atau Minuman
Untuk alergi makanan dan minuman sobat dapat melakukan tes yaitu mencoba makanan atau minuman tertentu dan lihat rekasinya. Bisa cepat bisa s.d sebulan kemudian baru terlihat reaksi alerginya atau reaksi lambat. Makanan dan minuman yang sering menyebabkan alergi : susu formula atau susu uht (tiap anak berbeda reaksinya), coklat, telur, seafood.
2. Debu
Debu dapat juga menjadi allergen untuk anak.
3. Cuaca biasa berkaitan dengan hujan.
Jika cuaca dingin, turun hujan beberapa anak yang sensitif saluran pernafasaannya akan memproduksi lendir dari mukosa hidungnya (pilek encer)
4. Tungau
Tungau kasur yang kasat mata dapat juga menjadi penyebab alergen pada anak

Beberapa tips :
1. Ketahui dan hindari penyebab alergi anak
2. Jika saat cuaca dingin atau awal hujan, sobat dapat mengkondisikan ac kamar menjadi tidak terlalu dingin
3. Jika awal terkena alergi, misal alergi cuaca turun hujan, sobat dapat langsung memberikan vicks atau penghangat didepan hidung anak tipis saja jangan terlalu banyak (jika anak tidak alergi terhadap vicks) jika anak sulit. Bisa diberikan saat anak sudah tidur.
4. Obat syrup alergi mungkin dapat membantu, obat syrup pilek mungkin dapat membantu
5. Tingkatkan daya tahan tubuh anak dengan makanan bergizi dan suplemen vitamin anak.

Semoga dapat membantu dan Semoga anak serta keluarga selalu dalam keadaan sehat, Salam Sehat 🙂

#1

sudah sekolah kah bu anak ibu?
kalau sudah sekolah bisa ada faktor infeksi yang ditularkan dari teman2nya. kalau tidak, bisa karena alergi memang bu. dan kemungkinan alerginya belum dihilangkan dari anak, sehingga anak tetap terpapar. kemungkinan lain adalah adanya penyulit bu. misalnya adanya sinusitis. sehigga pileknya tidak selesai2. saran saya: fisioterapi dan minum antibiotik sesuai saran dokter.

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.