1 Jawaban Dokter

Staff 24/05/2018
Public

Waalaikumsalam wr wb
Selamat siang sobat, terima kasih sudah menggunakan layanan tanya jawab tanya dok 🙂 
 
Kami dapat memahami kekhawatiran sobat. Namun, keterangan yang sobat berikan belum cukup untuk membantu menegakkan diagnosis penyakit yang sobat alami saat ini. Idealnya perlu dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisis langsung dan penunjang (sesuai indikasi) untuk memastikan penyebabnya.
Didalam ketiak terdapat kelenjar getah bening, yang mana apabila terdapat infeksi pada organ lain misal infeksi di payudara, atau infeksi di saluran nafas seperti paru-paru dapat menyebabkan kelenjar getah bening diarea ketiak ini membesar, namun bila infeksi di organ lain tersebut sembuh makan kelenjar getah bening yang membesar tersebut bisa normal kembali keukuran semula. Berikut tanda-tanda infeksi : demam ( diatas 37,5 C), tergantung organ apa yg terkena misal paru-paru : batuk, payudara : bengkak.
Nah selain perubahan infeksi pada organ lain yang menyebabkan kelenjar getah bening di ketiak membesar, berikut beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan keluhan nyeri dan benjolan pada ketiak, yaitu  

  • Kista
  • Pembengkakan kelenjar keringat akibat infeksi dan trauma (umumnya terkait dengan kebiasaan mencabut bulu ketiak)
  • Fibroadenoma, merupakan pertumbuhan jaringan ikat fibrosa bukan Infeksi yang disebabkan bakteri atau virus atau pun bukan kanker.
  • Lipoma, Pertumbuhan jaringan lemak yang tidak berbahaya
  • Reaksi alergi bisa terhadap obat atau bahan iritan seperti deodoran
  • Tumor (pada kelenjar getah bening, saraf)
  • Penjalaran keganasan (payudara, paru)
  • Infeksi jamur

Berikut beberapa perabaan, bila benjolan yang disebabkan oleh infeksi atau reaksi alergi biasanya sering dikaitkan dengan rasa sakit di ketiak dan benjolan terasa lebih lunak. Infeksi kelenjar getah bening juga dapat menyebabkan benjolan di ketiak terasa menyakitkan. Sedangkan Benjolan yang disebabkan oleh kista, infeksi, atau lipoma biasanya bertekstur lunak saat diraba. Sedangkan, benjolan yang disebabkan oleh kanker payudara teksturnya lebih keras dan tidak bergerak saat disentuh. Lain lagi dengan benjolan karena kanker payudara, limfoma, dan leukimia, benjolan karena hal ini biasanya mempunyai gejala, seperti berubah ukurannya secara cepat atau tidak hilang.
Di karenakan kami tidak dapat menentukan diagnosis, dan perlunya diagnosis dengan wawancara dan pemeriksaan secara langsung lebih akurat disarankan sobat dapat mengunjungi dokter di klinik atau rumah sakit terdekat.
 
Semoga bermanfaat dan semoga sobat serta keluarga dalam keadaan sehat selalu, Salam Sehat 🙂
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.