2 answer

Staff 24/05/2018
Public

Selamat Siang Sore Bunda,
Mohon maaf atas keterlambatan kami membalas, Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya jawab Tanya Dok 🙂

Bintik putih yang dialami oleh anak Bunda kemungkinan besar mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai milia.

Milia sendiri merupakan suatu keadaan pada kulit yang sering disebut sebagai jerawat bayi karena pada umumnya muncul pada bayi baru lahir. Bentuknya biasanya seperti benjolan putih berukuran kecil. Area yang umumnya sering muncul kondisi ini adalah : hidung, pipi, kulit kepala, hingga sekitar mulut.

Tidak ada pengobatan khusus dari milia. Milia pada bayi baru lahir dapat menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau 1-2 bulan dan tidak berbahaya bagi penderitanya.

Beberapa tips untuk milia :
1. Hindari menggaruk, memegang.
2. Hindari menggosok dengan sabun terlalu lama dikarenakan bukan disebabkan oleh bakteri dan virus, dan di karenakan kulit bayi butuh kelembaban.
3. Memakai sabun yang hypo alergenic contoh sebamed, Jika memang lebih kearah alergi.
4. Biarkan lah milia tersebut adalah terapi terbaik milia untuk bayi di bawah 6 bulan.

Meski milia tidak berbahaya bagi penderitanya, akan tetapi jika kondisi milia sudah membuat kulit bayi Anda timbul : gatal, berwarna kemerahan, membengkak, keluar cairan atau nanah, maka segeralah kunjungi Dokter Spesialis Anak agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Semoga Bunda dan bayi selalu dalam keadaan sehat Aamiin 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.